Pages

Sunday, 27 March 2016

FILM from Widha's Shoes

Apa sih FILM? Temen-temen yang tahu pasti langsung pada senyum-senyum, kalau yang belum tahu pasti ngira FILM seperti film pada umumnya...

Jadi, FILM itu adalah Festival Ilmiah Mahasiswa, agenda besar ini merupakan branding dari serangkaian acara yang diadakan oleh UKM Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) UNS. Alhamdulillah aku dikasih kesempatan sama Allah buat tergabung dalam kepanitiaan FILM.
Udah dari kemaren banget pengen ngepost tentang FILM, akhirnya hari ini ngepost juga gara-gara nggak bisa tidur. Aku pengen nyeritain semua hal tentang FILM kemaren, hmmm nggak semuanya sih, tapi cukup buat bikin kalian bisa ngerasain jadi aku saat FILM wkwkwkwkwk, kalau yang nggak mau jadi aku nggak usah baca -___-



Di FILM ini aku belajar banyak, dapet temen banyak, apalagi pengalaman, dan kenangan lain yang mungkin suatu saat bisa menguap dimakan oleh pikun. Aku nggak mau kenangan-kenangan itu ilang gitu aja, aku pengen mendokumentasikan setiap kenangan itu, representatif, secara general diblogku, setidaknya dengan membaca tulisan tentang kenangan yang general itu, bakal memancing ingatanku buat mengingat setiap detail yang aku alamin. Setelah nulis di blog, aku bisa tenang kalau kenangan kemaren 'terlupakan', karena kemungkinan memoriku bakal terisi oleh kenangan baru yang akan dan baru saja datang.

Pembahasan tentang FILM 2016 dimulai dari bulan November tahun 2015. Aku lupa waktu itu ada acara apa, yang aku inget adalah Mas Pur sosialisasi soal MITI, terus selanjutnya pembahasan soal FILM. Inget banget dulu Mas Muslim yang ngontak aku buat dateng ke acara itu, terus dia duduk diselasar gd c MIPA, naaah aku kira acaranya di gd b karena jarkomannya di gd b, aku lewat terus ada yang manggil
"Widha..."
aku nggak tahu Mas Muslim manggil berapa kali baru aku nengok
"Eh Mas, acaranya dimana sih?"

"pindah ke gd c, kan udah dijarkom tadi", kata Mas Muslim
aku cuma meng-oh kan doang, karena semua medsosku ada di laptop, jadi nggak setiap saat bisa cek WA, LINE, dan sebagainya.
terus pas disitu, sebelum masuk ke gd c Mas Muslim ngomong sesuatu, aku lupa lengkapnya kayak gimana, pokoknya dalam waktu sepersekian menit itu Mas Muslim mention 2 kata yang aku inget banget sampe sekarang,
1. FILM
2. Egy
udah, abis itu aku masuk

Kita skip aja, setelah Mas Pur sosialisasi tentang MITI, mulailah pembahasan soal FILM. PHT SIM yang angaktan 2012, menurutku mancing kita buat... apa ya istilahnya? hmmm aku ceritain aja ya karena aku nggak nemu istilahnya apa.
Awalnya mereka ngejelasin harusnya FILM satu tahun sekali, tapi karena ada satu dan lain hal, FILM 2015 ditiadakan. Terus Mas Pur bilang kalau FILM 2016 mau ada, persiapannya harus dari sekarang. Dan memang saat itu ada wacana kalau FILM tahun 2016 nanti, bakal masuk rangkaian Dies Natalis UNS, jadi lebih menguntungkan. Selanjutnya, pembahasan mengarah ke 'siapa yang bertanggungjawab atas pelaksanaan FILM 2016 nanti?'
Kakak-kakak yang angkatan 2013 diem aja ditanya, yang 2014 apa lagi. Saat duduk disana, angkatan 2014 yang aku tahu cuma Kavita, Usnida, aku lupa ada Prista atau nggak, terus cowok-cowoknya yang aku tahu itu Dadang, Candra, Sholikun, sama Afif, kayaknya ada Aldo juga tapi aku belum kenal sama Aldo waktu itu. Masih ada lagi sebenernya yang angkatan 2014, tapi saat itu aku nggak kenal wkwkwk, oh lupa! yang jelas nggak ada Egy saat itu.

Mba-mba dan Mas-mas angkatan 2012 ituuuu mmm... mungkin maksudnya mancing kali ya biar kita sadar dan biar kesannya kayak bukan mereka yang nunjuk, tapi kita yang mau. Pokoknya diskusi saat itu adalah yang megang FILM, dari angkatan 2013 atau 2014?
Aku yang polos dan nggak ngerti seluk beluk FILM apalagi seluk beluk SIM, langsung berpikir : ya 2013 lah! Bahaya kalau 2014 yang megang FILM. Jadi saat itu bayangan yang terbentuk di otakku adalah jajaran Ketua, Sekretaris, Bendahara dan koor-koor kepanitian FILM adalah Mas dan Mba angkatan 2013, kita-kita yang angkatan 2014, jadi stafnya. Itu yang ada dipikiranku, dan mungkin dipikiran temen-temen seangkatanku yang lain. Secara, angkatan 2014 nggak punya pengalaman apa-apa di FILM.

Nah teruuuus, PHT dan Mba Mas SIM yang angkatan 2012, bilang "kan FILM tahun depan, otomatis yang 2012 udah nggak menjabat lagi nih, karena udah reorganisasi, jadi nanti phtnya yang angkatan 2013, mereka pasti sibuk ngurusin keorganisasian SIM, belum lagi magang... naah kalau permasalahannya seperti itu, gimana?"

Aku paham... dari statement awal mereka mengarahkan forum untuk menyetujui keputusan kalau yang megang FILM nanti adalah angkatan 2014. Akhirnya, usaha mereka berhasil! Forum sepakat kalau yang megang FILM adalah angkatan 2014, yang angkatan 2013 nanti jadi staffnya. Pembahasan poin selanjutnya, 'Siapa ketua FILM 2016?' Itu bahasan panjang banget sampe jam istirahat shalat dzuhur.

Karena aku orangnya suka menyimpulkan sendiri, dan tadi Mas Muslim pas awal ketemu aku ngomong sesuatu yang kata kuncinya FILM dan Egy, aku narik kesimpulan kalau ketua FILM itu udah ditentuin, atau setidaknya mereka udah punya kandidat kuat buat jadi ketua FILM, dan aku tahu itu Egy (waktu itu aku nggak tahu Egy yang mana, cuma tahu namanya aja). Sampe akhirnya aku bilang ke Mas Pur dengan lancangnya wkwkwkwk "Mas, menurutku kok kayaknya dari kalimat Mas Pur sama kalimat Mba-mbanya sepertinya kalian sudah punya nama soal ketua FILM..."
kalau aku inget aku ngomong kayak gitu, aku sadar betapa gtdnya akuuuu wakakakaak, maafkan aku Mas Puuur... dan aku inget banget ekspresinya Mas Muslim pas aku bilang gitu, sulit dijelaskan hahahahaha... Sampe Mba Afi tuh ngasih klarifikasi gitu, aku jadi nggak enak...
Mas Pur cuma ngerespon "ketauan ya" gitu doang diiringi kehebohan seisi ruangan.

Saat itu posisinya si Egy nggak dateng, bikin panjang urusan, alesannya karena ada makrab jurusan kalau nggak salah. Aku yang nggak tahu Egy kayak gimana orangnya, nggak setuju kalau Egy jadi ketua. Ngapain yang nggak ada malah dipilih, orang yang disini dateng juga berkompeten kok, ada Dadang sama Solikun (jangan ge-er ya kalian berdua), karena yang aku tahu mereka berdua wkwkwkwk...

Pokoknya sampe adzan dzuhur tuh bahas itu! lucu banget serius, sampe kita yang angkatan 2014 itu dikasih waktu khusus buat diskusi mau siapa ketuanya. Break shalat dzuhur, Usnida bilang ke aku "Ah Widha! kenapa kamu bilang gitu tadi? Aku pengen liat sampe akhir mereka gimana ngasih tahu kita kalau Egy ketuanya!", wkwkwkwk... Bocaaah bocaaah, malah menikmati dia *nepokjidat

Setelah shalat dzuhur, Mas Pur nyuruh angkatan 2014 buat diskusi selama 10 menit, dan nyuruh angkatan 2012 sama 2013 buat keluar ruangan dulu.

Ikun langsung ngambil alih tuh, langsung kedepan dia megang spidol
"sori ya ini bukannya sok-sokan atau apa, tapi kan kita disuruh diskusi siapa yang jadi ketua FILM..." dst, dst, aku lupa dia ngomong apa aja
biasalaah sambil bercanda anak-anak cowok mah diskusi begitu, kita yang cewek dan jumlahnya sedikit manut aja
Lanjuuut... panjang nih ceritanya nih bakal ngalahin tersanjung wakakakakak!

Mulailah nama demi nama ditulis dipapan tulis oleh Ikun
dari Dadang, Candra, nama dia sendiri, Aldo, Afif, entah siapa lagi aku lupa, oh iya Egy! itu ditulis juga namanya. Terus Usnida atau Prista gitu yang nyaranin gimana kalau setiap orang yang cowok ditanya satu-satu alasan nggak siap jadi ketuanya itu karena apa. Semuanya terus setuju, akhirnya pada ngomong satu-satu, yang aku inget tuh alesannya Aldo sama Ikun doang! Kalau alasan Aldo karena dia belum berpengalaman, dan walaupun di BEM pengalaman kepanitiaannya baru sie konsumsi doang, <~ aku nggak tahu ini dia serius atau nggak. Kalau alasannya si Ikun, kerena dia di kampus Pabelan, mobile nya susah, karena jarak antara kampus Pabelan dan kampus Kentingan itu jauh.

Alhasil, si makhluk tidak datang itu terpilih jadi ketua, gara-gara anak-anak cowok (yang mungkin udah kenal Egy juga) pada mutusin Egy yang paling pantas jadi ketua. Dengan amat berat hati aku juga setuju, berkali-kali aku mikir "pasti ada pertimbangan khusus kenapa Egy yang dipilih walaupun dia nggak dateng di forum kali ini", tapi dengan syarat hubungi dulu Egy nya dia mau atau nggak.

Selesai, yang angkatan 2012 sama 2013 masuk, "Udah?", Mas Pur tanya. "siapa jadi ketuanya?"
Ikun selaku juru bicara, menjawab pertanyaan Mas Pur dengan amat sistematis.
Respon Mas Pur
"Oke berarti clear ya FILM yang megang 2014 dan ketuanya Egy"
...
FILM... from Widha's Shoes berlanjuut...
tunggu part 2 nya yaaa wkwkwk

No comments:

Post a Comment