Pages

Monday, 17 August 2015

Choices

What will you do if the choices available isn't  something that you want to choose?

I have some issues here... first I'm really confused about my mata kuliah pilihan thing. Actually it's not that complicated at all... to choose some mkp thing. I thought umm...I must be overthink about it. The reason why do I have this kind of issue is I still don't know what I wanna do in the future (the underlined words is another issue actually). Because in my own opinion this mkp can lead you to your destination. I mean like your dreams, your goal, or something like that, this kind of destination. And the biggest problem is I really don't know what my dream or my goal is.

The simplest way to choose mkp is choose what you like, choose which one is your passion. But here comes another issue : How if what I like is not the right thing for my future? We wouldn't know what will happen in the future though... and why do I have this kind of thought? I just recall me in the past. Yes, I always like that. Always separates what I like, and what should I do. I never combine "I should do what I like". Because I think what I like is something I will find it joyful, it's simply because I like it and it's just about me, it's kind of an ego. But, "what should I do" is a different thing. We put some thoughts in that, like what I do will affect others, and some other thought.

I remember my conversation with my high school friends last holiday. She said to me "When you are doing what you don't like, you won't get motivated, you don't care about it and if the result isn't something you're expected to be, it would be just fine. But, it's different when you are doing something that you really like. You don't care about other people badmouth you (about u doing what u like), because you like it, you will find another way, and another another way to keep doing what you like." At that time I thought "Woah! this is the answer that I've been searching for!". Her statement was really assured me.



And Levi taught me this : whatever the thing you had chosen, no one knows it would be the best or the worst, we just choose and go with till the end. Even if the result is out of your expectation, it doesn't mean if you choose the other option in the first place, the result will be better.

I think the main problem is what is my goal... I need goal, so I will think about steps to reach my goal, and I hope I will find it soon... Aamiin... and I hope  I can be responsible with whatever mkp I choose.

Thursday, 2 July 2015

Something about Writing

I always said that  "my hobby is reading" or "my hobby is writing", even though I didn't really do that kind of stuff. I love it actually, but until now I never really make time for reading or writing. Because I think, if my hobby are really reading and writing, I would like to spend my time to do that stuff. Even if I'm tired, or there so much task to do, I would continue to read and write.

Especially now, I have to overcome the endless "laporan praktikum" every semester, not to mention my class and practicum schedules, also the other activity like organization etc. I rarely have free time for my hobby. But from now on, I promise to myself that I will make time for it. Because reading and writing are great. You will know how does the world works with reading, and you can spill your ideas over your writing, so the world will know.

In collage, I joined Studi Ilmiah Mahasiswa, or so called SIM. It's like a collage club, and our activity focused on writing essay, scientific papers, and so on. My seniors, they have been following writing competition and went to another country, because they won. Just because they are writing they went aboard!! I wanna be like that! That's my motivation in my third semester. I must spend time to write. But, if I didn't know anything, I couldn't write. So, I must read first, and then write, I will make it somehow.

It's first time for me to write my post in English. It's a practice for me, because my English is very bad, so I thought writing my post in English is a solution to make my English better. I'm so sorry if there are too many mistakes in my writing.

Thursday, 2 April 2015

Merbabu ohh Merbabu

Petualangan baru segera dimulai! Exited sih, tapi takut juga, pengalaman pertama, persiapan pas-pasan bahkan nggak ada. Tapi semoga dengan modal semangat doang bisa bener-bener nyampe puncak, Aamiiin...

Pendakian masal (Penmas) ini, sebenernya termasuk rangkaian acara ultah KS Biodiersitas FMIPA Biologi UNS. Setelah tanggal 20-22 Maret kemarin ada acara perayaan formalnya di kediaman Prof. Gi di Klaten. Penmas tahun ini baru penmas yang ketiga yang diadakan Biodiv. Tujuannya : PUNCAK Merbabu!! Kenapa Merbabu? karena penmas tahun lalu itu pendakiannya ke Ungaran, tahun sebelumnya ke Lawu, pengen cari suasana yang beda dan pengen nambah pengalaman, dipilihlah gunung Merbabu ini.

Kayaknya aku agak norak ya, mungkin bagi sebagian orang pendakian Merbabu biasa aja. Tapi ini pertama kalinya bagi aku buat naik gunung. Dan menurutku, buat seorang newbie, naik gunung langsung ke Merbabu ituu... mengkhawatirkan. Apalagi Mas Ridwan udah wanti-wanti kalo dalam 15 menit pendakian awal itu masa terberat, karena tubuh kita masih beradaptasi sama hawa gunungnya.

Malem ini hujan, tapi semoga cuaca besok sampe seterusnya bisa mendukung temen-temen KS Biodiv untuk ngelaksanain penmas, Aamiin...

Semoga rencana penmasnya dilancarkan, kita semua dapet perlindungan Allah swt dari awal acara sampai akhir acara, dari berangkat sampe pulang lagi ke Solo, dan semoga kita dikasih kesempatan untuk menyaksikan secara langsung keindahan dari ciptaan Yang Maha Kuasa.

Ayah pernah bilang, kalo orang naik gunung biasa, paling cuma nikmatin pemandangannya doang, tapi saat dia menghayatinya, dia akan sadar betapa besar ciptaan-Nya.


Wednesday, 1 April 2015

Have a Safe Flight

Kalo nungguin itu biasanya kerasa lamaaa banget, satu tahun. Dia udah satu tahun nungguin saat ini. Kenapa kita temen-temennya malah sedih pas dia berangkat? That's her dream! We know that all along, We even said that if it's her, she can absolutely make it, aren't us?

Cuma Yulita sama Denisa yang bisa nganterin dia sampe nutup pintu cerita dia di Indonesia, pintu yang semoga suatu saat akan dia buka lagi, bareng lagi ketemu kita, jadi generasi penerus bangsa. Berjuang sama-sama lagi. Banyak banget kenangan sama ini anak satu!

Bisa berteman sama siapa aja, ngeselin tapi jadi tempat curhatan banyak orang, orangnya jijikan tapi dia sendiri jorok, pikirannya antimainstream (aku selalu ketawa dengan cara pandang dia), bener-bener mengindikasikan kalo dia golongan darah B lah! wkwkwkwk...

Allah semakin membuat aku menyadari bahwa Allah Maha Besar! Allah membukakan mataku, dan menyadarkanku bahwa mimpi itu bisa diraih, buktinya temanmu yang satu itu! Dia yang main sama kamu itu, yang ngobrolin dorama sama anime nggak berhenti-berhenti, yang kalo becanda sama Tania sampe ketawa nggak berhenti-berhenti, sampe ngences-ngences, yang mainan sama Lulu, Haryo, sama Fandi, yang jadi senpai di Japanese club, yang pidato bahasa Jepang pas upacara bendera hari senin, yang berjuang sama-sama bareng dari kelas 10 di Delta. Now, she is on the way to the country of sunrise!

Aku masih ketawa kalo mikir anak yang satu itu nggak mau kuliah di Indonesia karena kalo kuliah di Indonesia ada ospeknya! *gelengkepala. Mungkin emang bukan itu alesan dia kuliah ke Jepang (yaiyalah ya? yakali), tapi alesan yang aku tangkep kenapa dia pengen banget kuliah di Jepang adalah karena itu, wkwkwk...

Mungkin bagi dia 1 tahun nunggu itu lama banget, apalagi dengan temen-temen dia yang udah kepencar-pencar keseluruh pelosok negeri buat nuntut ilmu duluan. Tapi bagi kita, satu tahun itu cepet banget... aku masih nggak tahu kenapa aku sedih pas dia berangkat. Dia sama kayak kita waktu itu, sama kayak aku yang merantau dari Tangerang ke Solo, sama persis! Tujuannya menuntut ilmu, sama! Harapannya bisa menggapai cita-cita, sama!

Aku pernah nanya ke dia, kalo di Naruto sama One Piece ada time skip! Kira-kira, kita bisa kayak gitu juga nggak?

Perjalanan panjang menuju Osaka, We, your friends here, always pray for your safety. May Allah always protects you, and We hope we'll meet again someday! Jangan lupa sama Indonesia, seburuk-buruknya Indonesia sekarang, bakal lebih buruk lagi kalo kita sebagai generasi mendatang nggak peduli sama Indonesia. Aku bilang ke dia waktu dia main ke Solo, dia udah bikin aku sama Hani jemput dia di bandara Adisumarwo, aku akan bikin kita impas! Kamu akan jemput aku dibandara juga! Bandara di Jepang!! Allah hear our conversation! and from now on I'll try to make it happen

1st April 2015! BON VOYAGE, Madyanissa Yuniar!

Thursday, 5 March 2015

Yoooo Semangat yooo!!!

Kamis, 5 Maret 2015
H-1 menuju Diklat Lapang KS Biodiversitas!
Hari ini super panik!
Kemaren udah pinjem topi ke Luthfi, ternyata harus topi kupluk, cariii lagii... pluit nggak punya, korek api nggak punya, lilin nggak punya, hal-hal kecil kenapa nggak punya semuaaaaa??!!
Sore-sore, mau latihan bikin bivak, cuaca nggak mendukung. Tapi salut deh sama angkatan V KS Biodiv (soon...), tetep semangat latihan bikin bivak nya walaupun banyak "Piye ikiiii???" Hahahahaha...

Habis latihan bikin bivak, berpetualang lagi ke tempat sewa carrier. Hujan-hujanan sama ASep, berdua doang, bolak balik karena nggak tahu tempatnya, dan sepi nggak ada orang yang bisa ditanya. Cewek tangguh lah kita ya Sep! Untung dapet! alhamdulillah...

Dari ujung ke ujung, Mba Windha ternyata minta tolong disewain juga, tapi ditempat penyewaan yang beda. Dan ternyata yang nyewain mahasiswa UNS juga, jurusan teknik sipil semester 6. Hebat! Hebat! Gara-gara liat Masnya, terus diajak ngobrol, bete dan paniknya jadi berkurang dikit...

Kebiasaan buruk kalo udah ada sesuatu yang nggak sesuai dengan planning aku, pasti langsung panik gak nyante, dan dijadiin beban.

Aku nggak yakin besok bisa naik apa nggak, karena menurut FAKTA yang beredar, besok itu diklatnya bakal kita berangkat sendiri dari kampus ke Tawangmangu, kayak ngeteng gitu, ngebolang. Nggak kebayang, 8 orang, bareng-bareng, jalan dari MIPA ke gerbang depan UNS, nyegat mobil bus, buat ke Tawangmangu!

Tenang Wid, tenaaang!! nggak sendirian kok, tapi berdelapan. Jangan takut, jangan panik, semuanya pasti akan selesai. Ini ilmu, pengalaman, dan kesempatan. Manfaatkan dengan baik dan jangan disia-siakan, tetep semangat, kata Ayah, bawa have fun aja, kalo dibawa stress belum sampe ke gunung udah down nanti. Cuma besok, Sabtu, sama Minggu doang! Ada Uul, Anis, sama Evy. Ada Mba Herlina dan Mba Evi yang selalu bikin ngakak, ada Mba Nimah sama Mba Windha yang bisa diandalkan dan bikin tenang juga.

Biodiv angkatan 5, piyeee ikiii?? piyee siih?? piye jal?? Hahahahaha...