Ngomongin Soal Rengoku Kyojuro dan Akaza dari Kimetsu no Yaiba : Mugen Train

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Aku lagi hype banget dengan anime movie yang satu ini, gak bisa berhenti mikirin selama belum bisa nonton hahaha… Jadi sebaiknya aku keluarkan aja dari pikiranku, dan menumpahkan semuanya di tulisan. Aku pengen komen segala macem hal soal movienya, dan soal bagaimana ceritanya berjalan.

Dari awal dulu, ketika tahu berita soal Kimetsu no Yaiba akan dibuat movie, sedikit kecewa sih, karena movie kan cuma dua jam yah, sebeell… ceritanya kan masih panjang, kalau dibuat anime meskipun nunggu seminggu sekali dan cuma 20 menit per episode doang, tetep tiap minggu ada, dan ceritanya bakal tetep lanjut. Agak gemes gitu kenapa sih dibikin movie, anime aja… hahaha…

Terus karena aku udah baca manganya juga, jadi aku sempet nebak-nebak nih, kira-kira akan sampe chapter yang mana di movienya. Kalau dari judulnya, kan Mugen Train, berarti ya mungkin sampai Tanjiro vs Enmu doang. Tapi kalau di manga, Tanjiro vs Enmu itu bukan klimaks, klimaksnya adalah ketika Kyojuro mati, menurutku. Jadi aku sempet mikir, kalau Ufotable bikin movie, bagus banget jadinya kalau klimaksnya itu pas Kyojuro nya mati. Dapet feelnya banget parah. Pas gitu, kalau ceritanya sampai situ.

Cuma kalau lihat trailer versi pertamanya, bener-bener cuma nunjukin cerita Tanjiro sama Enmu doang, gak nunjukin Kyojuro ataupun Akaza. Bahkan… saking aku keponya kira-kira movienya sampe Kyojuro mati atau enggak, aku ngitungin berapa chapter manga per episode anime ahahaha. Anime Kimetsu no Yaiba season 1 itu kan ada 26 episode, terus aku cek dimanga itu sampai chapter 53, ada chapter 54nya sedikit karena menggiring cerita biar ngegantung kan wkwkwk… Jadi kita ambil paling sedikit aja, 53 chapter untuk 26 anime episode, berarti 1 episode anime kemungkinan 2 chapter yah rata-ratanya.  1 episode anime +- 20 menit. Movie biasanya 2 jam, jadi kalau dihitung-hitung, movienya itu bisa dapet 8 atau 9 chapter manga. Kalau Mugen Train mulai dari chapter 54, 8 chapter kedepannya yaitu chapter 62, bener-bener emang cuma sampe Enmu kalah.

Cuma aku masih ragu banget kalau movienya masak cuma gitu doang, kurang klimaks gitu kalau sampe Enmu kalah, atau mungkin movienya sampe Akaza dateng, jadi kayak pas Akaza muncul, terus movienya abis, jadi ending gantung gitu, biar menggiring ke cerita anime season 2 nya. Itu masih lebih mending, dibandingkan dibuat movie tapi cuma pertarungan ngelawan Lower Moon 1 aja.

Nah… selanjutnya adalah ketika release lagu Homura by LiSA, lagunya sedih pertama, daaaan… kok kayak menceritakan Tanjiro ketemu Kyojuro banget… aku jadi makin hopes up kalau movienya tuh sampe Kyojuro vs Akaza. Lagunya tuh bener-bener meng-highlight Rengoku Kyojuro banget. Habis itu, kan ada Kimetsu Radio, jadi pengisi suara Tanjiro sama pengisi suara Zenitsu jadi host radionya gitu, bahas movie Mugen Train. Terus mereka tuh kayak bahas trailer pertamanya gitu kan, kata Hanae Natsuki (seiyuu Tanjiro), “Yaaah… movienya… banyak sekali yang tidak ada ditrailer….”, Shimono Hiro (pengisi suara Zenitsu) bales, “Tapi kan trailer memang dibuat untuk ngasih gambaran kecil soal movienya kan, tapi ya… kalian pasti sedih”. Obrolan mereka tuh kayak spoiler banget cerita movienya ini sampe mana gitu. Kayak ngasih kata kunci banget kalau movie Mugen Train gak cuma sampe Enmu kalah doang.

Itu kecurigaan-kecurigaanku soal ending movienya. Kecurigaan itu berakhir sudah ketika Mugen Train udah tayang di Jepang, dan akhir Oktober kemarin, AnimeTV ngeluarin trailer yang kedua. Paraaaaaah!!! Itu keren banget trailernya. Isinya Rengoku vs Akaza. Kurang spoiler apa lagi ituuuu. Meskipun aku udah baca manganya yah, tapi tetep aja itu memberi jawaban dari kecurigaanku. FIX PARAH KALAU MUGEN TRAIN ITU SAMPE KYOJURO MATI.

Next, kita bahas trailer keduanya…

Trailer kedua, dimulai dengan Akaza yang muncul dengan backsound yang keren parah, terus Tanjiro bilang “Upper Moon… Three?”. Backsound pas Akaza muncul itu backsound ala bioskop parah. Di Indonesia, kalau jadi, bakal ditayangin bulan Februari atau Maret 2021, itupun kalau pandemi udah bisa teratasi mungkin. Tapi kalau memang bakal ditayangin di Indonesia, aku pengen nonton banget di bioskop, pengen menikmati backsound Akaza yang di trailer wakakak… Biar manteb. Meskipun nanti kalau udah keluar movienya di internet, meskipun aku udah nonton dilaptop, aku masih pengen nonton di bioskopnya. Semoga jadi tayang di Indonesia….

Oke, itu bahasan sedikit soal teknisnya. Sekarang kita bahas ke esensi movienya.

Mengenai Rengoku-san, sang Flame Pillar, yang mati melawan Akaza, alias Upper Moon 3. Karena biasa nonton Shounen yang kayak One Piece, Naruto, dan shounen lain yang meskipun tokoh-tokohnya udah terluka parah, tapi tetep hidup, jadi pas baca manga Kimetsu no Yaiba, aku gak persiapan sama sekali bakal ada tokoh yang mati secepat itu. Bahkan saat Kyojuro udah ketusuk sama fists nya Akaza pun, aku masih yang, “paling ada yang nolongin, ada Hashira lain, atau ada Demon Slayer lain yang dateng”, baru sampe Ibunya Kyojuro dateng, aku baru yang, “Seriusan mati? Seriusan? Secepat itu?”.

Kecewa lagi…. Karena petualangan sama Kyojuro tuh baru pas Mugen Train ini doang, baru ketemu sebentar sama Kyojuro. Udah gitu dia Flame Hashira kan, ibaratnya kalau disetiap cerita, biasanya pengendali api atau yang berhubungan dengan api itu tokoh-tokoh hebat. Udah gitu Kyojuro tuh ganteng gitu, dan personalitynya bright banget, tokoh yang pengen kita lihat terus kalau dicerita gitu. Dengan rambut kuning ombre merahnya, hahaha… Dan Kyojuro baru ngajarin sedikit hal ke Tanjiro. Udah gitu, sebelum Tanjiro nyusul Kyojuro ke Mugen Train, Tanjiro kan sempet nanya Shinobu Kouchou soal Fire Breathing (yang kemudian ternyata itu adalah Sun Breathing). Shinobu-san nyaranin dia konsul sama Kyojuro aja, karena Kyojuro kan pakai Flame Breathing, jadi mungkin Kyojuro tahu sesuatu dan bisa ngajarin Tanjiro. Belum sempet ngajarin Tanjiro loh. Bahkan Tanjiro aja belum sempet nanya soal Fire Breathing itu, belum sempet mention, tapi udah mati duluan Kyojuronya. Ya ampuun…

Yang aku suka lagi dari Kyojuro vs Akaza adalah, pengarang Kimetsu, Koyoharu Gotoge-sensei, tidak merendahkan kematian Kyojuro. Maksudnya, Kyojuro memang mati pertama kali, dari 9 Hashira lainnya yang diperkenalkan pas anime season 1. Dan dibuat matinya pas pertarungan sama Akaza langsung. Tanpa kita lihat pertarungan-pertarungan lain dari Kyojuro. Contoh misalnya, Jiraiya-sama mati ngelawan Pain kan, tapi sebelum-sebelumnya kita udah lihat kehebatan dia ngelawan musuh-musuh lain. Contoh lain, Ace mati kan, tapi sebelumnya kita punya cukup kenangan soal Ace. Tapi Kyojuro? Di anime pertama pun cuma ada scene dikit doang soal Kyojuro, huaaaa huaaa huaaa… dan langsung dimatiin gitu aja tokohnya.

Balik lagi ke maksud aku kematian Kyojuro itu tidak direndahkan, meskipun tokohnya baru muncul dan dimatiin. Setelah baca manganya sampai akhir, kematian Kyojuro ini bener-bener keren banget. Pertama, dia seorang diri ngelawan Upper Moon, lebih-lebih lagi, Upper Moon 3. Bener-bener duel sama Akaza. Dicerita selanjutnya, Hashira lain gak ada yang sendirian ngelawan Upper Moon. Ini aku spoiler tapi bodo amat, aku suka banget sama Koyoharu Gotoge ngebuat cerita ini. Uzui Tengen – Sound Pillar, ngelawan Upper Moon 6 itu dibantuin sama Tanjiro, Nezuko, Innosuke, dan Zenitsu. Itupun dalam kondisi Tanjiro, Innosuke dan Zenitsu yang udah lebih punya pengalaman dan latihan gitu. Terus dibantuin juga sama istrinya Uzui, walaupun sedikit, tapi setidaknya Uzui dapet support banyak buat ngalahin Upper Moon 6. Tapi coba lihat Kyojuro, bener-bener duel, satu lawan satu, bener-bener Kyojuro vs Akaza aja. Tanjiro mau bantuin, tapi gak dibolehin sama Kyojuro karena Tanjiro lagi luka, karena habis ketusuk gitu, dan kalau dia gerak lebih banyak, dia bisa mati. Akhirnya Tanjiro nurut Rengoku. Innosuke, Zenitsu sama Nezuko kalau gak salah lagi nolongin penumpang kereta yang lain gitu deh, aku lupa.

Bahkan kalau baca manganya sampai akhir, gak ada satu Hashirapun yang ngelawan Upper Moon sendirian. Upper Moon 5 dan 4 waktu itu ngelawan Kanroji – Love Hashira, Tanjiro, sama Genya. Eh Tokito – Mist Hashira ngelawan Upper Moon 5 sendirian ding, tapi dapet bantuan juga dari anak kecil sama pengasah pedang. Intinya dapet support, ada yang bantuin. Dalam perang ngelawan Muzan selanjutnya, kan sisa Upper Moon 3, 2, sama 1. Upper Moon 3, yang adalah Akaza ketemu lagi sama Tanjiro, dan saat itu Tanjiro sama Giyuu - Water Hashira. Upper Moon 2, ngelawan Shinobu - Insect Hashira, yang Shinobunya mati juga, setelah itu ngelawan Kanao dan Innousuke (ini setelah mereka training dibawah Hashira lain, bisa dibilang udah jadi lebih kuat), Upper Moon 1, lawannya 3 Hashira sekaligus plus Genya. Jadi enggak ada sama sekali yang duel murni satu lawan satu sama Upper Moon selain Kyojuro. Mankannya aku bilang kematian Kyojuro ini sama sekali gak rendahan atau direndahkan.


Sip, sekarang kita bahas Akazanya. Dari awal aku lihat Akaza, dia udah keren, tapi aku belum ngefans sama dia. Pas dia ngeluarin kekkijutsu dia ngelawan Kyojuro, itu digambarin keren banget. Dia kayak kuda-kuda gitu, terus ada kompasnya dibawahnya, gagah banget, aku suka jurusnya. Sepertinya Akaza sempet jadi tokoh yang disebelin karena ngebunuh Kyojuro kan, tapi aku gak sebel kok sama dia, biasa aja. Aku ngefans sama Akaza ketika tahu masa lalu dia, pertarungan Akaza lawan Tanjiro dan Giyuu juga keren banget. Akaza adalah Upper Moon favorite aku wakakak. Nggak papa kan suka sama tokoh antagonis? Lah wong keren kok tokohnya.

Tapi aku setuju sama Tanjiro kalau Akaza itu pengecut. Pas akhir-akhir petarungan lawan Kyojuro itu kan udah mau matahari terbit, karena tahu udah mau pagi, Akaza lari, dia gak menyelesaikan pertarungan lawan Kyojuro. Dia gak jantan gitu, malah kabur dari matahari. Curang!! Padahal kan Kyojuro juga udah ngeladenin dia pas malem kan, ngelawan Akaza sendirian, udah gitu dengan pertarungan yang gak adil. Karena demon bisa regenerasi cepet kalau terluka, sedangkan Kyojuro yang manusia, kalau luka ya gak bisa langsung sembuh. Kalau Akaza petarung yang kompetitif, harusnya dia tetep ngelanjutin pertarungannya sama Kyojuro meskipun udah pagi. Akaza bakal mati karena kena matahari. Tapi itu bisa jadi kematian terhormat juga, mengingat mereka sedang duel. Jadi Kyojuro mati ngelawan Akaza, tapi Akaza tetep mati karena Kyojuro kuat ngelawan dia sampe matahari dateng. Tapi nyatanya, Akaza kabur, dia lari karena takut sama matahari, padahal Kyojuro belum mati saat itu, cuma udah luka sana sini, dan gak kuat ngapa-ngapain lagi.

Pas Akaza kabur ke hutan hutan gitu, berlindung dari matahari, Tanjiro teriak gitu, marah banget sampe ngelempar nichirin swordnya dia ke Akaza. Kayak kesel banget sama Akaza, kalau bahasa kitanya mah Tanjiro ngomong “Payah lu! Pengecut! Beraninya berantem malem doang! Jangan kabur Akaza! Sini lo!”, gitu lah kurang lebih hahaha… Akaza juga masih sempet denger Tanjiro ngomong “Kalau yang menang di pertarungan ini adalah Rengoku-san”

Pas disitu, aku setuju sih sama Tanjiro, tapi aku gak benci juga sama Akaza. Ternyata demon juga pengen hidup yah wkwkwk…

Yaah itulah kurang lebih apa yang terus menurus berputar di otakku, aku keluarin biar aku bisa berhenti mikirin itu dan mulai bisa mikirin yang lain. Hahahaha… buat yang udah baca sampe akhir, terimakasih dan maafkan karena aku terlalu excited nyeritain ini wkwkwk… Despite all of this, Akaza tetep jadi Upper Moon favorite aku, dan Rengoku Kyojuro tetep jadi favorite semua fans Kimetsu no Yaiba.   

Recommended

15th Day : "A Confession/Secret of Yours"

The One Unloved

Good News!!!