Ekspedisi Wukir Mahendra 2016 D-20

Tahun ketiga EWM dilaksanain, I've been thinking so much... about everything. EWM sendiri merupakan "momentum" buat KS Biodiv sama KS Kepak Sayap Biologi UNS buat ngelaksanain riset. Buat temen-temen yang belum tahu, Wukir Mahendra itu adalah nama lain dari Gunung Lawu. Tujuan kegiatannya sebenernya sederhana tapi amat bermanfaat : Inventarisasi keanekaragaman hayati meliputi flora dan fauna, serta sosial budaya masyarakat Gunung Lawu. Gunung Lawu sendiri dibagi jadi 4 lereng, yaitu barat, timur, utara, dan selatan. EWM tahun pertama di lereng selatan, tahun kedua di lereng barat, dan EWM ketiga alias tahun ini, insyaAllah bakal dilaksanaain di lereng timur Gunung Lawu. Panjang banget ceritanya kalau diceritain dari latar belakang sampe penutup, wkwkwk...

Boleh banget sambil liat Trailer EWM 2016



Ini tahun kedua aku ikut EWM, tahun sebelumnya aku masuk tim sosial budaya. Tahun ini aku masuk di tim riset fauna. Selain masuk ke tim riset, semua ekspeditor EWM adalah panitia. Peranku di kepanitaan? Komandan *tahan napas

Banyak banget hal-hal yang bikin semangat, dan hal-hal yang membuat aku berpikir ulang. Pertama ngomongin EWM buat tahun ini aja perjuangannya banyak banget, hampir terancam nggak ada EWM tahun ini, karena banyak temen-temen mikir EWM itu proker. Tapi alhamdulillah udah sampe sini, D-20 Ekspedisi Wukir Mahendra 2016.

Entah kenapa, kalau nulis pasti langsung lanjut nyeritain kemana-mana...
Persiapan banyak yang belum mateng. Soal pendanaan, persiapan tim risetnya sendiri, perkap, konsumsi, perizinan, sampai komitmen temen-temen ekspeditor pun jadi hal yang harus dipikirin. Mengorbankan waktu sama keluarga dirumah, H+7 lebaran udah pada kumpul lagi di Solo buat matengin persiapan.

At first, I don't know if I can get through this... 3 hari pertama di Solo setelah libur lebaran, setiap bangun pagi ingetnya Wiam, ingetnya Mama, ingetnya Ayah... tapi setelah ketemu temen-temen KS Biodiv sama Pasya yang ikut EWM, jadi kebawa ketawa, kebawa pusing mikirin persiapan, kebawa repot, wkwkwk... Mereka juga keluarga n_n

Persiapan sejauh ini?
Hmm... tadi baru dapet materi PPGD dari Mba Wanda, terus sorenya binjas seperti biasa.

Aku nggak tahu aku bisa jadi komandan yang baik atau nggak, Usnida nyemangatin aku sambil bilang seperti yang semua orang (termasuk aku) bilang "Amanah nggak akan salah memilih pundak", but I'm not really sure about that. Dengan segala kekurangan yang aku punya, aku nggak ngerti... Aku nggak pernah ngerasa ikut EWM, pusing mikirin dana, disaranin ini itu sama senior, bolak-balik hutan buat survey dan semuanya adalah beban. Tapi aku jadi takut malah aku menyepelekan EWM dengan aku tidak berpikir itu adalah beban.

Bismillah... perbanyak do'a, work more, expect less. Semoga Allah selalu meridhoi semua kegiatan yang kita laksanain, dan pengorbanan temen-temen semua dinilai ibadah sama Allah, Aamiiin...

Recommended

Trespassing

Jatuh Cinta

15th Day : "A Confession/Secret of Yours"