Gak tahu mau dijudulin apa

 Aku gak tahu yang aku rasain sekarang ini cuma kegalauan sesaat, atau gimana… apakah karena lagi dapet, jadi sensitif dan perubahan emosinya gak keatur, tapi kegalauan ini udah terjadi dari minggu-minggu sebelum dapet dan sampe sekarang dapetnya udah mau selesai ternyata masih galau, wkwkwk…

Perubahannya lumayan cepet banget soalnya, sebelum-sebelumnya, aku tuh masih mikir “Nanti juga dateng kalau kata Allah udah saatnya nikah”, sampe saat itu Rinda ngechat nanyain Golf Kedaton, “Widh, kamu pernah masuk kedalem kedaton golf? itu tempat apasi, bisa buat acara disitu gak”

Dan seketika yang terlintas dipikiranku acara yang butuh tempat kayak lapangan golf selain main golf adalah resepsi kan… gak mungkin Rinda mau main golf. “Gak tahu Rin, baru denger malah, kamu mau nikah?”, kutanya. Dan mengalirlah ceritanya dari sana. Disatu sisi, aku seneng, turut berbahagia karena pacarnya Rinda ngasih kepastian. Intinya seneng banget aku lihat temen sekelasku pas SMA dari kelas 10-12 ini dipermudah urusan jodohnya. Aku gak tahu sih cerita susahnya gimana, tapi kalau dari brief singkatnya Rinda, cowoknya ada planning sendiri dan udah diskusi sama keluarganya juga mau lamaran tanggal berapa, nikahnya kira-kira kapan, udah terplanninglah, MasyaAllah… seneng banget serius!

Tapi disisi lain, itu jadi trigger banget sih, yang sebelumnya aku chill aja soal ini, malah jadi meledak-ledak, pikiran “Nanti juga dateng kalau udah waktunya”, langsung hilang dan berganti jadi “Ya Allah, mauu… gimana cara nyarinya Ya Allah…”, jadi gak sabaran dan kayak jadi orang yang pengen ngebet nikah gitu.

Sebenernya gak ngebet nikah juga, gimana ya… kesepian mungkin ya. Tapi tuh kesepian tipe yang beda gitu loh. Sering banget aku mikir, orangtua alhamdulillah masih lengkap, ada adik, kerjaan sekarang juga masih memungkinkan untuk pulang seminggu sekali. Temen-temen banyak, sering cerita-cerita, bercanda, kadang-kadang main bareng (karena aku lebih sering kalau libur pulang), yaaah ada lah tempat untuk berbagi suka duka. Temen-temenku yang bisa dihubungin lewat whatsapp juga banyak, dan selalu bales ketidak jelasanku ngechat mereka. Tapi ternyata dari semua yang aku lakuin untuk melampiaskan rasa yang aku gak bisa jelasin namanya apa, belum berhasil.

Coba kalau dipikir-pikir, misal aku pengen cerita tentang kegiatanku, contoh lah kemarin habis beli gitar, atau habis beli panci listrik baru buat dikosan. Setiap kegiatan sebenernya, rasanya pengen kubagiin gitu, pengen ada temen cerita “Aku beli panci baru”, atau “Jadinya kemaren beli gitar ini”. Dan realitanya, aku cerita. Aku cerita ke temen-temenku, temen-temen di kantor, sahabat-sahabat aku waktu SMA dan kuliah via whatsapp, aku cerita, aku berbagi cerita gitu. Dan mereka merespon dengan sangat baik, “udah masak apa aja Wid?”, “coba masak ini Wid”, yaah seru lah pokoknya. Tapi ternyata rasa ingin berbagi itu masih tetep ada, hiks hiks… susah aku jelasinnya.

Pengen punya pasangan mungkin gambaran tersimple yang bisa aku jelasin sekarang. Mungkin salahnya adalah karena dulu pernah ada temen berbagi yang “tipe ini” (tipe pasangan maksudnya), jadi aku kayak menginginkan perasaan itu lagi. Selalu ada perasaan yang ingin dibagikan, pengen berbagi kasih. Penyangkalan lagi terus, kalau pengen berbagi kasih dan sayang, kenapa gak kamu bagiin aja dulu ke orang-orang terdekatmu Wid, mumpung masih punya orangtua lengkap, masih ada adik, ada temen-temen. Bagiin aja kasih sayang kemereka yang sekarang ada sama kamu. Dan aku merasa sudah berusaha untuk melakukan itu, aku berusaha menyayangi mereka sepenuh hati, tapi ternyata masih ada bagian hati yang berlubang, ada yang gak lengkap.

Pengen jatuh cinta rasanya.

Terus ditampar lagi pas mikir gitu. Coba alihkan perasaan pengen jatuh cinta ke manusianya, jadi jatuh cinta sama Allah, sama Al-Qur’an, kan ada… gak usah susah-susah kalau pengen jatuh cinta. Manusiawi kan ya kalau iman suka naik turun.

Sekarang-sekarang, tiap liat hal yang so sweet sedikit, efeknya parah banget. Udah sampe dititik yang “aku kayaknya gak mungkin bisa ngalamin itu”. Pas lagi berangkat kerja, liat ada istri atau cewek dianter suami atau cowoknya, atau yang pulang kerja nunggu dijemput, “mau ya Allah…”, padahal itu hal biasa aja gitu.

Parah lagi liat temen-temen dikantor yang seumuran (yaah mereka lebih muda sedikit sih, adik tingkatku). Jadi, ada temen kantor yang adalah adik tingkatku pas kuliah, saat itu dia lagi merasa gak enak badan, dan izin pulang duluan. Sebenernya itu juga udah lewat dari jam kerja sih, udah malem malah. Pas dia pamit, aku nawarin untuk kubantu kerokan, dia mau. Tapi karena aku masih ada kerjaan, jadi dia duluan, nanti misal aku udah balik ke kosan, aku kabarin. Gak berapa lama dia keluar kantor, temenku nge-wa, “Mba, ternyata aku dijemput (nama pacarnya). Tadi aku ngabarin dia lagi gak enak badan, pas aku kebawah ternyata dia udah nungguin di luar kantor. Ini mau nyari makan dulu ya mba, nanti kalau udah dikosan kabarin”, cuma gitu doang. cuma gitu doang padahal. Responku lebay banget, tapi ya dalam hati sih ini responnya, gak aku ungkapkan saat itu juga, “Ya Allaaaaah so sweet bangeeeet”, perhatian dalam bentuk action yang sangat patut diapresiasi menurutku, wkakakak.

Aku gak pernah mengalami kayak gitu, hiks hiks, yang jemput ketika aku sakit sampe sekarang masih selalu Mama dan Ayah. Huaaa… bukannya protes bukan, bukan gak bersyukur juga, bersyukur banget malah, cuma lubang di hati ini gimana nutupnya?

Pengen gitu jadi orang cool, calm and collected, yang menghadapi segala persoalan dengan santai dan chill, yang kelihatannya gak peduli-peduli amat. Tapi memang menjadi yang bukan diri sendiri itu lebih susah. Akhirnya aku ya menerima aku yang mengekspresikan apapun yang aku rasain. Cuma sekarang harus bisa lebih mengontrol aja, karena malu sendiri wkwkwk.

Tiap lihat postingan temen-temen yang udah nikah, atau denger kabar temen-temen yang udah nikah tapi ldr-an karena harus sekolah, atau temen-temen yang mau nikah, atau temen-temen yang lagi menanti buah hati, atau lihat postingan temen-temen jalan sama pasangannya (either pacar atau suami), selalu ada kebahagiaan dan kesedihan beriringan. Bahagianya ya ikut bahagia, apalagi kalau ada yang nikah sama ada yang lahiran, tapi sedihnya tuh ngikut juga gitu sebelnya. Pengen kayak gitu ya Allah…  Kayak terlintas dipikiran tuh yang, “Mereka kok bisa nemu ya, bisa dapet pasangan yang cocok, yang sefrekuensi, yang mau diajak hidup bareng, aku bahkan deket sama cowok pun enggak”

Misal ngelihat Egy atau Imam gitu, yang nikah terus ldr-an, karena mereka berdua harus sekolah ke luar negeri. Istrinya masih pada di Indonesia, tapi akan segera menyusul. Aku jadi berpikiran, “Itu bisa loh, nikah tapi tetep menggapai cita-cita, menuntut ilmu, tetep berkarya, nikah bukan penghalang dari apapun kok”, tapi yaaa susah sih ya, aku harus dapet yang satu pemikiran kayak aku juga. Oh iya ada lagi, Kak Nofita, temen waktu les di Mr.Alex Course, padahal belum pernah ketemu, tapi sering kontakan karena sama-sama ngejer beasiswa. Jadi Kak Nofita sempet cerita, kalau dia udah nikah, udah 3 tahun nikah. Aku syok dong! Udah nikah, dan bekerja pun masih semangat untuk dapet beasiswa. Ternyata suaminya Kak Nofita juga yang pejuang beasiswa, pengen sekolah lagi, tapi karena udah keterima cpns duluan, jadi harus nunggu giliran gitu untuk boleh daftar beasiswa. Kata Kak Nofita suaminya bilang udah sana kamu duluan aja gak papa, daftar AAS, daftar tes IELTS, malah suaminya yang mensupport gitu. Huaaaaaaa…. so sweet nya…

Kenapa ya aku gak nemu yang bisa kayak gitu Ya Allah, tapi aku juga perasaan gak saklek-saklek banget pengen yang bisa sekolah bareng-bareng gitu, enggak… waktu dulu sama doi (gemes pengen mention namanya) juga pernah sharing soal aku pengen sekolah lagi, tapi doi lebih pengen meniti karir langsung, aku merasa baik-baik aja, gak keberatan. Ya keberatan kenapa ya emang? wkwkwk… orang masih belum siapa-siapa juga saat itu, gak ada ikatan apa-apa, kocak lu Wid! Maksudnya tuh, aku juga gak menuntut pengen punya pasangan yang akademis banget gitu, tapi kalau dapet yang satu visi soal mengejar mimpi yaaaa alhamdulillah sih Ya Allah…wkwkwk

Aku ada bukunya Mba Dewi yang Awe Inspiring Us, terus kemaren nyoba lanjutin baca, malah gak kuat, karena isinya arahan-arahan perumahtanggaan. Mungkin kalau calonnya udah menampakkan diri akan semangat baca itu, kalau sekarang lagi kayak gini, baca buku itu malah makin mental breakdown.

Kalian tahu unsur kimia kan, mereka itu dialam bentuknya gak stabil, jadi harus nemu pasangannya biar stabil (ini serius! aku belajar ini di SMA). Setelah aku searching lagi aturan oktet ternyata. Yang bunyinya (bunyinya gak tuh), unsur akan stabil jika memiliki elektron valensi 8. Contoh kayak Carbon (C) dia akan stabil ketika berikatan dengan dua atom Oksigen (O). Terus unsur-unsur halogen atau gas mulia, bener gak nih? unsur yang di tabel periodik no 7 pokoknya, itu mereka disebut unsur sangat stabil, karena elektronya udah pas gitu. Satu atom atau unsur aja, butuh pasangan buat bisa jadi stabil ya kan. Apalagi… (isi sendiri)

Yaah… gitu sih intinya yang aku rasain, gak stabil, terombang-ambing. Waktu curhat sama Niar, dia sempet nanya, emang yang kamu rasain ketika dulu sama doi gimana Wid. Aku bilang, dulu tuh serasa punya pegangan aja gitu, gak tahu gimana jelasinnya, tapi tenang. Meskipun aku kerja di Jakarta dan masih rewel pengen sekolah lagi, dan dianya jauh kerja dimana gitu, tapi tenang aja hati ini entah kenapa. Mungkin ketika itu elektronnya lagi pas, jadi stabil yah, wkwkwk… Eh, tapi ada gak sih unsur kimia yang misal udah lepas gitu gak bisa balik lagi? ada kan ya, yang akhirnya nyari atom lain untuk jadi pasangan. Misal tadinya dia H2SO4 terus pisah, akhirnya SO4 nya sama K2 jadi K2SO4 terus H sama Oksigen, jadi H2O, gitu bisa kan ya? Walaupun masih ada perasaan berharap jadi H2SO4 aja wkwkwk… yaaah gitu lah ibaratnya.

Jadi panjang ya curhat galaunya. Kalau dibilang aku kebelet nikah, enggak juga kayaknya, karena gak siap apa-apa, mungkin lebih tepatnya ‘pengen punya pasangan’, tapi diumur segini kalau pacaran doang gak serius juga buat apa gitu mikirnya, jadi ya ‘pengen punya pasangan”-nya nikah berarti. Jadi kayaknya sama aja dengan kepengen nikah yak wkwkwk…. (gimana Wid? gimana?) Pengen dapet pelengkap, pengen dapet teman hidup gitu, pengen dapet temen ibadah.

 

Recommended

15th Day : "A Confession/Secret of Yours"

Good News!!!

Ngomongin Soal Rengoku Kyojuro dan Akaza dari Kimetsu no Yaiba : Mugen Train