Jatuh Cinta

 Akhirnyaaa bisa nulis ini juga setelah submit tugas 😭

Ini masih nyambung sama postingan kemaren soal Trespassing, jadi pas menyadari soal sering mikirin hal-hal yang diluar teritori, ada hal lain yang aku sadarin soal jatuh cinta ini.

Hal yang aku sadari adalah, ternyata jatuh cinta bisa beragam macam bentuknya. 

Tahun ini alhamdulillah... bersyukur banget bisa ngerasain puasa di Edinburgh. Awalnya sempet khawatir sih bakal kehilangan vibes Ramadhan, gak kayak di Indonesia yang kerasa banget kalau udah masuk bulan Ramadhan tuh. Tapi ternyata vibes itu bisa dibentuk, alhamdulillah walaupun gak ada ngabuburit berburu takjil sore-sore, tapi semangat ibadahnya masih dapet... MasyaAllah, seneng banget! 

Tantangan lain yang bikin khawatir adalah, kuliah dan assignments huhuhu... disini isyanya malem banget, waktu awal puasa, jam 8.10 baru isya, terus lanjut taraweh kan, di Edinburgh Central Mosque tarawehnya 1 juz. Secara lama waktunya, sebenernya sama kayak di Masjid Istiqlal, 1 jam 30 menit, cuma karena isyanya disini lebih malem, tarawehnya selesainya jadi lebih malem, jam 10 gitu baru selesai. Ditambah jarak flat aku ke Edin Mosque, butuh sekitar 20 menitan (kalau malem biasanya lebih sepi soalnya), jadi nyampe flat udah jam set 11 atau jam 11 malem. Terus sahur jam 4 pagi, yang kemungkinan akan semakin lebih awal dalam beberapa hari kedepan. 

Udah deh itu dilema, kayak pengen banget bisa optimalin ibadah selama bulan Ramadhan, apalagi pas lagi di Edin. Karena gak tahu kapan lagi bisa Ramadhan di Edin kan? Tapi belajar, kuliah, dan ngerjain tugas juga tanggung jawab utama, prioritas. Waktu awal sebelum puasa juga KIBAR Edinburgh ngadain sesi sharing gitu kan, senior-senior yang udah lama di Edin cerita soal gimana Ramadhan di Edin. Terus Mas Arief nasehatin, jangan jadikan ibadah puasa ini excuse buat gak optimal belajar. 

Habis itu, biasanya setiap puasa ada target kan, nah aku tuh pengen banget kayak sebisa mungkin, sebanyak mungkin ke masjid gitu, prioritas pas qiyamul lail. Nah disini lah pas aku sadar jatuh cinta itu bentuknya bisa bermacam-macam. 

Pasti kita semua pernah lah ya jatuh cinta sama orang. Gimana sih rasanya? Misal seneng pas ketemu sama orang itu, pengen lebih banyak ngobrol, misal orang yang kita suka lagi ada suatu kegiatan, kita pengen ikut... pokoknya sebisa mungkin perbanyak interaksi, dan spend time sama orang yang kita suka ini.

Terus setelah beberapa hari puasa dan berusaha tetep taraweh di masjid, capek juga kan ya wkwkwk... wajar manusia 🙈. Aku sampe mikir kayak kenapa ya aku sampe bela-belain banget pengen taraweh atau shalat di masjid? Sedangkan aku juga saat itu ada deadline yang harus dikerjain, belajar buat kuliah, dsb. Toh taraweh sunnah sifatnya. Habis itu jarak dari flat ke masjid kan lumayan jauh, pp flat-masjid bisa +- 1 jam, lumayan gitu kalau buat ngerjain tugas. Aku mikir aku punya alesan syar'i gitu untuk gak taraweh di masjid. Terus temen-temen juga banyak kok yang milih untuk taraweh di flat. Tapi dari semua pertimbangan itu hati aku tetep ngganjel, pengen ke masjid. Disitulah ada lampu lagi awoakwaoak... seneng banget ada lampu 💡

"Oh! Aku udah jatuh cinta kayaknya"

Perasaan aku pengen shalat taraweh di masjid, pengen nikmatin waktu lama-lama di masjid, ngaji dimasjid, walaupun capek dan ada tugas, pengen tetep nyempetin ke masjid. Itu kayak orang jatuh cinta gak siiih... Terus aku bersyukur karena Allah udah ngasih perasaan jatuh cinta itu. Kemudian kepikiran apakah temen-temen yang memilih untuk shalat taraweh di rumah gak cinta sama masjid? Oh tidak juga ternyata! Mereka jatuh cinta pada ilmu! Temen-temen memprioritaskan ilmu, dan memang kewajiban juga. Kalau dipikir-pikir, semua penuntut ilmu udah jatuh cinta sama ilmu dari awal gak siii... Karena kayak kenapa kita mau susah susah belajar, jauh-jauh ke Edin, begadang ngerjain tugas, ngorbanin waktu main, waktu makan, waktu tidur, ternyata kita udah Allah jatuh cintakan pada ilmu. MasyaAllah....

Ternyata jatuh cinta banyak bentuknya. Alhamdulillah.... dari situ aku jadi berdoa, semoga Allah jatuhkan hati dan pikiran ini kepada cinta yang Allah ridhoi. Cinta kepada ilmu, cinta kepada masjid, cinta kepada Al-Qur'an, dan cinta-cinta lain yang bisa membuat kita lebih dekat kepada Sang Pemilik Cinta 💕

Recommended

15th Day : "A Confession/Secret of Yours"

The One Unloved

Good News!!!