Pages

Monday, 14 November 2011

Tips-Tips Jitu!!

Menarik nggak sih judulnya?
Well, L2K cuma iseng aja sebenernya. Pengen posting sesuatu. Terus kepikiran tips dari beberapa guru disekolah. Tepatnya, di SMA Negeri 8 Tangerang
Ada salah satu pernyataan dari Bu Sriwati--guru Kimia. Beliau bilang gini. "Usia-usia kalian ini lagi butuh-butuhnya motovasi." Dan 5 jempol kalau bisa L2K acungin buat Bu Sriwati. Bener banget!! Usia remaja terutama masa SMA (menurut L2K) merupakan masa dimana kita mulai melangkah menuju dewasa. Dan pada usia itu, kita para remaja memang butuh banget banyak motivasi. Terutama dalam meraih prestasi dan cita-cita. Terus, supaya kita nggak salah langkah juga dalam mengambil keputusan. Apalagi buat kelas X yang naik kekelas XI, dan musti milih IPA atau IPS.
IPA atau IPS. Terkesan diskriminasi ya? Rata-rata orangtua pengen anaknya masuk IPA, tapi mereka nggak mengerti piotensi anaknya seperti apa. Ada juga anak yang maksaain buat masuk IPA, padahal potensinya di IPS (misalnya). Masyarakat juga memandang IPA lebih keren dari pada IPS. Hanya diri pribadi masing-masing yang bisa menilai.
Oke... Jagi ngaco kan?! Terlepas dari semua itu. Ada beberapa tips gokil nih dari guru-guru. Check this out, Guys!!



1. Tanda tanya dikaca.


Ada salah seorang guru yang ngasih tips ini. Kita disuruh bikin gambar tanda tanya (?) dikertas, dan ditempelin dikaca. Maksud banget kan? Tapi setelah dijelasin maksudnya apa, baru deh L2K ngerti. "Maknanya dalem lho ini!!", jelas sang guru.


Ternyata, tanda tanya itu artinya : MAU JADI APA SAYA INI? 
Dalem banget ya maknanya. 


Dan kenapa dikaca? 
Karena kaca selalu kita lihat setiap hari. Kalo nggak percaya, coba tanyain satu-satu temen kalian siapa yang nggak pernah ngaca.


"Kalau ibu udah jelas, jadi guru. Kalau kalian? Kalian kan belum tahu kalian bakal jadi apa? Mankannya tempelin tanda tanyanya. Mau jadi apa saya ini?", lanjut sang guru.


Maknanya, yahhh... L2K yakin temen-temen pasti bisa menyimpulkan maknanya sendiri. #GuruKimia


2. Jenius itu 1%, 99% nya adalah Usaha.


Kata-kata ini juga manteb banget dah!! Hasil riset membuktikan (ahahay, bahasanya...) bahwa presentasi keberhasilan memecahkan masalah (termasuk disini mengerjakan soal-soal) hanya 1% kejeniusan. 99% nya adalah usaha. Dan menurut L2K, itu bener banget!


Kita liat buktinya. Contoh, penemu bola lampu. (L2K lupa namanya). Dia emang jenius bisa nemuin sambungan-sambungan biar si bola lampu bisa nyala. Tapi prosesnya... hmmm jangan ditanya! Seinget L2K, sang penemu musti nyoba lebih dari 1000 kali buat tuh bola lampu bisa nyala.


Maknanya, Kita nggak musti iri sama temen-temen yang nilainya bagus atau bilanglah pinter. Karena sebenarnya, pinternya mereka adalah karena usaha mereka sendiri. L2K yakin banget kalau kita mau berusaha, pasti bisa. MAN JADDA WA JADDA.


Dalam arti kata disini, usaha sampai bisa. Jangan baru sekali usaha, langsung nyerah karena nggak bisa. Si penemu bola lampu aja ampe 1000 kali. Masa kita yang baru sekali nyoba, udah nyerah. Kalo udah mulai putus asa, inget aja lagunya LETTO "Sampai nanti, sampai MATI."


3. Berdo'a


Ini puncaknya. semua guru-guru pasti mendo'akan agar siswanya mampu menjadi orang sukses. Tinggal balik lagi ke siswanya, sukses seperti apa yang mereka mau...


Sebagai remaja yang punya pedoman hidup. Pastilah kita punya Tuhan. Kita nggak boleh lupa sama Tuhan kita. Karena berkat-Nyalah semua yang kita inginkan dan yang tidak kita inginkan dapat terwujud.


"Kunci dari semua keberhasilan adalah DO'A"

Sekian deh dari L2K. Semoga bermanfaat. Mohon maaf kalau postingannya jelek. Harap dimaklumi, karena baru belajar... Hope you enjoy it!! n_n

No comments:

Post a Comment