30th : In this Past Months, What Have You Learned?

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Huaaaa... seriously... topik ke 30 (aku gak bilang hari ke-30 karena udah lebih dari 30 hari) juga akhirnya. Taihen desu yo ne... Terutama karena aku orangnya moodyan, disiplin ku kalah sama moodku. Terkadang aku udah punya hal-hal yang mau aku tulis untuk topik-topik 30 Days Challenge ini di otakku, tapi untuk mulai menulisnya itu susaaah banget. Besok aja deh... besok aja gak papa deh, gak ada yang baca ini, hahaha...

Sebelum masuk ke topik hari ke 30, aku mau ngucapin terimakasih sama yang punya blog ailittledaisy, karena kalau dia gak mention soal 30 Days Challenge ini saat kita chatingan, entah kapan aku bakal ngelanjutin dan nyelesein ini challenge, bisa jadi gak aku lanjutin juga malah. Arigatou Ai-chan... Semangat ngelanjutin challengenya ya...

Itu prolognya wkwkwk... Sekarang masuk ke topiknya, jadinya gak hal-hal yang aku pelajari 1 bulan terakhir ya, tapi hal-hal yang aku pelajari selama T-U-J-U-H tahun terakhir, hahaha... (ini sarkas ke diri aku sendiri) karena aku nulis challenge ini selama 7 tahun. Ada beberapa hal yang ingin aku ungkapkan (eaaak) di topik kali ini

What I've learned in this past months are :

Aku menulis untuk diriku sendiri

Manusia itu tempatnya salah dan lupa. Sebenernya aku gak vacuum selama 7 tahun di blog, sempet beberapa kali posting juga, walaupun setahun cuma 1 posting. Melanjutkan challenge ini bikin aku sadar ternyata menulis ini bermanfaat untuk diriku sendiri.Karena ternyata kita bisa lupa dengan hal-hal yang pernah terjadi dihidup kita, sering banget pas aku baca tulisanku sendiri, tulisan yang kemarin, tulisan 1 tahun lalu, tulisan 7 tahun lalu, tulisan pas lagi sedih, tulisan pas lagi seneng, tulisan pas lagi galau, semuanya mengingatkan aku ke momen itu dan ada hal-hal ajaib yang bikin aku semangat, ternyata aku menulis buat diriku sendiri, walaupun niatnya bercerita ke orang lain, tapi ternyata yang paling kena efek dari tulisanku adalah aku sendiri. Jadi aku pengen kedepannya aku nulis sebanyak yang aku bisa tulis, karena ketika aku lupa, aku bisa baca lagi tulisanku, dan semangat itu kembali lagi. 

Kemarin-kemarin, aku sempet baca blogku pas aku SMA, nyeritain soal Niar, atau pas study tour sama IPA 2, atau pas lagi pelajaran biologi di kelas, juga pas acara Lazuardi Birru bareng Teuku dan Kevin, ketika baca itu, semua memori saat-saat itu kembali lagi, segar seperti baru kemarin. Dan ada banyak hal yang seperti jadi reminder ku ditulisanku sendiri, hahaha... Udah gitu, pas aku baca seru banget, aku jadi ngerasa nostalgia banget, dan ngerasa "Ya ampuun... ternyata SMA dulu seindah dan seasik itu", walaupun kayaknya dulu pas SMA aku gak sampe mikir yang kayak gitu. 

Setelah menyadari ini, aku jadi menyesal, karena pas kuliah banyak banget yang gak aku tulis, pengalaman ke Taiwan, lomba di IPB, lomba sama Riri dan DL cerdas cermat di Unsoed, EWM, Biodiv, jadi asisten praktikum, lomba speech contenst di FMIPA, jadi MC di seminar, oral presentation di international conference, banyak banget pengalaman-pengalaman aku yang gak aku abadikan dalam tulisan. Sediiiih... karena suatu saat aku pasti lupa.

Cuma, aku gak berani bertekad juga untuk mulai sekarang menuliskan semua yang aku alamin di blog. Karena aku orangnya moodyan, hahaha... yah, semoga aja bisa banyak yang aku tulis, mengingat ini blog pribadi, aku jadi ngerasa bebas aja, nulis pake bahasa yang sembarangan, tanpa sensor, hahaha...

Oh iya, baru-baru ini aku nyobain bikin podcast dan youtube channel juga, tapi aku punya misi sendiri untuk podcast dan yutup ini untuk fokus di pembahasan biologi, beda sama blog aku yang isinya berbagai macam. Sejauh ini yang paling nyaman adalah blog, ya iyalah ya orang gak ada temanya, bebas mau bahas apa aja wkwkwk. Tapi youtube juga menarik ternyata, asik dan menantang, aku ternyata seneng nambah-nambahin gambar atau animasi di video aku ngomong, untuk mendukung omongan ngelanturku divideoku wkwkwk... Untuk podcast, aku masih struggling sih, baru 1 eps yang aku post, agak sulit ketika mau ngomongin biologi tapi cuma suara aja, dengernya jadi pusing dan nggak masuk ke otak, aku mikirnya podcast lebih ke cerita sih, atau ngobrol gitu. Tenang, aku gak ada rencana untuk berhenti kok, cuma aku lagi mikir aja kira-kira mau dibawa kemana podcastnya. Karena pasti ada hal yang aku temuin lagi, sama kayak ketika aku menulis blog.

Oh iya, jadi inget video dari TED Talk tentang happiness. Video ini jadi masuk dalam list favorite video aku, kalian tonton deh. 


Salah satu yang bikin kita bahagia itu adalah story telling. Aku cenderung introvert, walaupun aku seneng juga kumpul-kumpul ramean sama temen, tapi aku lebih seneng punya hubungan yang lebih intim, maksudnya deket sama beberapa orang aja, gak banyak orang, aku akan lebih banyak cerita dan mengungkapkan perasaan kalau lagi berdua sama temen aja. Karena kalau lagi ramean enaknya asik-asikan iya kaaan wkwkwk... Eh, ngelantur kan. Balik lagi kesoal bahagia tadi, aku jadi menemukan tahap story telling ku adalah lewat Lumba-lumba Kecil ini. Aku bahagai ketika aku nulis, aku bahagia ketika besoknya, atau tahun depannya, aku baca ulang ceritaku sendiri, wkwkwk egosentris ya, diri sendiri terus, tapi itu caraku, and I realized that through many years, until this point. Jadi, masing-masing orang akan menemukan bahagia mereka sendiri dengan cara mereka sendiri juga. Termasuk kalian

Itu hal yang aku pelajari pertama, udah panjang ya... sepertinya aku akan nulis lebih panjang lagi, mau aku puas-puasin wkwkwk... Next...

Kita gak perlu jadi orang baik

Hahahaha... terdengar provokatif ya, tapi itu belum selesa kalimatnya. Selama ini aku ngerasa aku selalu berusaha jadi orang baik, dan sebanyak aku berusaha, sebanyak itu pula aku ngerasa gagal jadi orang baik. Karena selalu ada orang lain yang lebih baik. Aku sering banget ngeluh ke temen-temen aku, "jadi orang baik ternyata susah ya". Dan aku baru sadar ternyata rumus yang aku gunakan salah. Ibaratnya kalau ada soal matematika 1 + 2 x 1 = 3, aturannya adalah aku kalikan dulu, baru aku jumlah. Tapi aku salah, aku malah jumlahin dulu, baru aku kaliin, walaupun hasilnya kebetulan sama, tapi ada cara salah yang aku ambil.

Sama halnya dengan hal yang baru aku pelajarin ini. Kita, eh aku maksudnya, gak perlu susah payah berusaha jadi orang baik, hmm... ralat ralat, kita gak perlu jadi orang baik, tapi berusaha jadi orang baiknya perlu, tapi yang lebih penting adalah kita harus jadi orang yang bertaqwa, nanti biar Allah yang menjadikan kita orang baik. Langkah pertamanya harusnya adalah bertaqwa, meningkatkan taqwa, deket sama Allah, nanti Allah yang akan menuntun pada kebaikan itu sendiri. 

Bulan oktober kemarin, banyak temen-temen SIM yang nikah, ada Dian, Intan dan Imam, terus temen-temen Hadiningrat lain sibuk ngurusin mau ngasih kado apa dan sebagainya. Aku melihat kebaikan disana. Kebaikan temen-temen yang mau susah payah bikinin hadiah, nyariin hadiah, dan kebaikan temen-temen yang dapet hadiah. Kalau bukan karena ketaqwaan Dian, Intan dan Imam, Allah gak mungkin menggerakkan hati temen-temen Hadiningrat untuk ngasih hadiah. Kalau bukan karena ketaqwaan temen-temen Hadiningrat, gak mungkin mereka mau susah payah ngebeliin dan bikinin hadiah untuk 3 orang itu. Semua terjadi karena Allah.  

Terus ada lagi yang bikin aku sadar, Mas Andi dan Intan bersatu bisa dibilang karena bantuan Febri. Febri jadi kayak mak comblang mereka gitu, bantuin jadi penghubung antara Mas Andi dan Intan. Aku udah pernah bilang ini juga kok ke Febri, dari sekian banyak anak-anak SIM 2014, kenapa Mas Andi nanya ke Febri alamat Intan. Padahal ada Kavita, Laras, atau ada anak-anak cowok lain, tapi kenapa Febri? Jawabannya adalah karena Allah. Jujur aku iri, Febri Allah izinkan bisa melakukan kebaikan kayak gitu. Tapi hal itu jadi introspeksi diri aku sendiri, taqwanya Febri sama Allah lebih banyak daripada taqwaku, jadi Allah memberikan jalan buat Febri jadi orang baik. Correct me if I'm wrong. Walaupun begitu, aku gak putus asa, Allah pasti ngasih jalan kebaikan lain yang bisa aku lakukan, pr nya adalah aku harus meningkatkan ketaqwaan aku.

Dua hal itu yang pengen aku highlight di topik kali ini, sebenernya ada satu lagi, tapi ini rada baper wakakak...

Kesepian itu adalah ketika orang yang kita pengen ada, gak ada 

Aku menyadari ini ketika udah gak sama orang yang aku suka lagi wakakak... curhat lagi kan... selama dirumah, aku gak pernah ngerasa sepi atau gak bahagia, karena kumpul sama keluarga. Bahkan aku masih chatingan sama temen-temen deket aku, masih sering kumpul-kumpul, main-main. Tapi untuk beberapa saat, pernah kesepian itu menyerang. Padahal aku ngobrol sama temen-temen yang lain, aku main sama temen-temen kantor, aku mainan sama adik, dirumah ada Mama sama Ayah, aku nonton anime, aku bahagia, tapi tetep ada kesepiannya. Ternyata, yang kurang adalah, aku pengen sama orang itu, tapi orang itu gak ada. Eh apa itu namanya kangen ya? Hahahaha... yaudahlah, intinya itu menurutku. Kesepian adalah ketika kita pengen ditemenin sama seseorang yang kita pengen. Atau kalian ada pengertian kesepian yang lainnya? kasih tahu aku ya, biar aku dapet insight baru, siapa tahu pengertian kesepianku itu salah wkwkwk... 

Recommended

15th Day : "A Confession/Secret of Yours"

Good News!!!

Ngomongin Soal Rengoku Kyojuro dan Akaza dari Kimetsu no Yaiba : Mugen Train