Tentang Perjuangan #1

 Setelah tenggelam baca tulisan diri sendiri diblog sendiri, terus jadi pengen mengabadikan cerita aku tentang berjuang nyari beasiswa untuk lanjut S2. 

Sekarang-sekarang, sekolah S2 itu udah bukan lagi jadi hal yang luar biasa, kalau Mas Ridho nyebutnya “Terjadi inflasi gelar”, wkwkwk… Jadi sebenernya ceritaku tentang lanjut sekolah ini akan biasa aja, karena memang aslinya biasa aja. Tapi ini cuma terjadi sekali kan dihidup aku, jadi ya bagi aku sendiri hal ini luar biasa.

Jadi semua berawal dari kenapa pengen lanjut S2. Sejujurnya alasan pengen lanjut sekolah S2 dan keluar negeri karena ngelihat banyak kakting yang keren aja gitu bisa dapet beasiswa sekolah ke luar negeri dulu waktu kuliah. Eh btw dari SMA sebenernya juga udah bukan hal asing dengan kuliah diluar, karena Niar saat itu satu-satunya lulusan SMAN Delta yang lanjut sekolah S1 keluar negeri. Eeehhh… salah salah! Ada Stella sama Syenne juga yang langsung lanjut S1 ke Korea. Jadi kayaknya memang dari lingkungan yah, udah ngelihat langsung gitu banyak yang kuliah diluar negeri dan saat itu ngeliat mereka kayak keren bangeeet…

Apalagi dikuliah iya kan, circle-nya jadi lebih besar dan luas, makin banyak lah lihat orang-orang yang berhasil dapet beasiswa untuk lanjut S2 diluar. I wanna be frank with you, saat itu aku mikir yaa siapa sih yang gak mikir sekolah keluar dengan beasiswa itu enak ya kan, apalagi fully funded, udah kayak disuruh belajar terus dapet duit. Karena kita, eh aku maksudnya, gak tahu aja susahnya kuliah diluar tuh kayak apa wkwkwk… jadi ngejudge enaknya aja.

So, mungkin karena itu aku jadi pengen kuliah diluar negeri, karena ngelihat banyak orang-orang yang kuliah keluar dan itu keren. Eits tunggu dulu, itu adalah pikiran aku dulu, tapi kan sekarang udah kayak ngejalanin sendiri, dan semakin dewasa juga aku jadi semakin bisa melihat dari sudut pandang berbeda. Hmmm kalau sekarang aku udah mulai kayak paham gitu alasan alasan lebih logis kenapa kuliah S2, dan jadi lebih luas pemikirannya aja gak harus diluar, karena S2 bukan soal ‘jadi keren’ kayak pikiranku waktu diawal, dan tapi memang ada sesuatu yang mau dicapai gitu. Bisa beda-beda tiap orang.

Prolognya udah panjang banget ya, oke lanjut, pas kuliah S1 waktu itu ada Mba Ang, yang selalu dibanggakan dosen-dosen dan di mention tiap ada event Himabio yang berhubungan dengan akademik. Jadi Mba Ang ini keterima beasiswa LPDP dan kuliah di Belanda. Sebenernya ada lagi sebelumnya kakting Biologi UNS yang keterima LPDP dan kuliah diluar, aku lupa siapa namanya. Untuk jurusan biologi di UNS punya mahasiswa kayak gini satu atau dua orang udah jadi hal magnificent, karena itungannya jurusan biologi UNS masih baru gitu. Wajar kedua kakting ini selalu dibangga banggakan sama prodi.

Long story short, dari situlah aku jadi tahu ada beasiswa LPDP dan apa yang harus disiapin, kayak sertif bahasa inggris, dsb. Saat kuliah, aku mikir habis lulus mau kerja dulu, misal harus belajar bahasa inggris harus bisa pakai uang sendiri. Sudah cukup lah nyusahin ortu soal keuangan sampe kuliah S1 ini aja. Misal mau lanjut S2, persiapan dan lain sebagainya kalau bisa pakai uang sendiri. Biaya tes bahasa inggris juga gak murah kan, jadi pas S1 dulu gak sempet tuh mikir nyiapin bahasa inggrisnya dari sekarang, karena buat bayar kuliah dan bertahan hidup diperantauan aja udah ngepas banget. 

Alhasil, habis lulus jadilah aku kerja dulu, dan ketika itu pertama dapet kerja di bimbel Mitra Pelajar. Bareng Febri. Beruntungnya, disinipun masih dapet temen-temen yang satu frekuensi, banyak kakak kakak, guru di MP yang juga pengen lanjut S2, jadi ada temennya gitu, ngobrol sama Kak Ana, Kak Firda sama Kak Syarah soal tes IELTS.

Oh iya jadi inget! Sebelum balik ke Tangerang, di UNS waktu itu sempet ada seminar tentang lanjut S2 gitu di MIPA. Ada dua pembicara, yang satu beliau perempuan lanjut kuliah di Jepang tapi dengan jalur koneksi, jadi beliau nyari-nyari profesor sendiri gitu, kirim email untuk jadi mahasiwa dibawah bimbingan profesornya, baru cari beasiswanya. Yang satunya cowok, kalau gak salah beliau versi yang dapet beasiswanya gitu. Di seminar itu aku sempet tanya, “Kalau mau beasiswa S2 itu baiknya kita coba semua beasiswa yang bisa kita coba, atau fokus kesalah satu aja yang memang jadi tujuan kita?”

Jadi aku tanya begitu karena saat itu dulu aku pengennya kuliah ke Jepang. Tapi di UNS lagi ada apa ya namanya kayak semacam seleksi spesial khusus mahasiswa UNS buat lanjut S2 di Taiwan, karena kerjasama UNS sama Univ univ di Taiwan. Nah, jadi dulu aku pengen nyoba ikut seleksinya, tapi aku sebenernya gak pengen sekolah di Taiwan. 

Balik lagi ke pertanyaan aku di seminar MIPA. Narasumber yang cowok, (maaf ya Pak aku lupa nama bapak) ngasih saran, “Ketika ada kesempatan baiknya dicoba aja, karena kita gak tahu sebelum kita nyoba”, dan saran itu nempel banget sih sampe sekarang. Aku ngerasa aku nanya pertanyaan kayak gitu tuh bener-bener buta  sama badai dan topan perjuangan nyari beasiswa. Kayak polos, optimis tinggi, yalin banget sama diri sendiri pasti bisa. Setalah aku inget inget lagi sekarang, jawaban bapak narasumbernya jadi mengandung bobot yang berat 😂, aku jadi paham dibalik kalimat “coba aja disetiap kesempatan” tuh perjuangannya luar biasa berdarah darah. 

Udah kepanjangan nih, lanjut part 2 pan kapan yaa… 

Recommended

15th Day : "A Confession/Secret of Yours"

Good News!!!

Ngomongin Soal Rengoku Kyojuro dan Akaza dari Kimetsu no Yaiba : Mugen Train