20th Day : "Something that makes you sad when you think about it"

 Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Hey! Hey! Hey! (selalu ada ini ya sekarang)

Masih melanjutkan 30 Days Challange for Blogger, tema selanjutnya adalah hal yang membuat aku sedih ketika aku mikirin itu. 


Hmm... aku termasuk orang yang cengeng dan mudah tersentuh, hal remeh temeh aja bisa bikin aku sedih, dan nangis. Nonton anime aku nangis, baca manga nangis, terlalu menghayati sepertinya, atau rasa empatiku terlalu tinggi? Tapi salah sih penempatannya, harusnya empati ke orang-orang yang beneran, ini malah ke anime, haduuh... Eh tapi aku jarang sih nangis karena berantem sama temen, atau dimarahin dosen, atau dimarahin atasan kerja, kalaaauu... nangis karena cowok? hmm... pernah, hahahaha... Sampe sesenggukan! Sedih banget pokoknya! *eh kecolongan curhat

Aku yakin hal ini bukan aku doang yang ngerasain. Hal yang bikin sedih ketika aku mikirin itu adalah "Orangtua". Semakin kesini, semakin bisa memahami peran orangtua. Bisa dibilang, aku baru bener-bener menyadari sebegitu besar kasih sayang dan pengorbanan orangtua adalah ketika adik aku lahir. Aku sama adikku bedanya 13 tahun kurang lebih, jadi aku SMP kelas 2, adikku baru lahir. Karena jarak usia antara aku dan adik jauh, beruntungnya adalah aku udah ngerti posisi aku menjadi kakak, dan gak iri-an sama adik. Biasanya kan kalau anak kecil gitu terus punya adik suka belum siap mental mungkin ya jadi kakak. Masih pengen disayang dan dimanja. Tapi karena saat itu aku udah SMP, aku udah puas banget ngerasain yang namanya dimanja dan disayang sama orangtua. 

Waktu adik masih bayi, aku ngelihat Mama sama Ayah ngurusin adik, pas tidur adik digigit nyamuk, Mama yang sedih, sampe dicariiiin nyamuknya. Kalau adik poop atau pipis ngegantiin popok dan bajunya. Saat aku ngelihat Mama dan Ayah nyayangin adik kayak gitu, yang terlintas dipikiranku adalah "Mungkin saat aku bayi, Mama dan Ayah juga gitu", gimana ya aku ceritanya. Jadi saat aku punya adik, aku sadar betapa orangtua itu menyayangi anaknya.

Tapi saat itu adalah kesadaran anak SMP, masih belum mateng pikirannya (sekarang juga belum sih), sampe SMA pun aku masih yang ngambek kalau dimarahin, ngambek kalau diatur, wkwkwkwk... Maafkan aku Ma, Yah... Tapi sekarang, aku udah paham kenapa sebelumnya Mama sama Ayah ngelarang ini itu. Tapi pahamnya memang butuh proses sih. Misalnya aku dilarang pacaran sama orangtua aku, waktu SMP pernah tuh ketahuan aku sms-an terus sama temen cowok aku, Mama aku sampe nangis, hahahaha... Habis dari itu aku udah gak pernah deket sama cowok lagi (sampe kuliah). Saat itu, aku ngerti orangtua aku ngelarang aku pacaran karena akan ganggu belajar aku. Tapi aku belum paham tuh, baru ngerti aja. Makin kesini, makin aku ngelihat dunia, aku bersyukur banget jadi anak Mama sama Ayah. Bisa kita lihat berapa banyak kasus pembunuhan, pembunuhan loh ya, gara-gara pacaran, terus hamil ceweknya. Udah bukan kasus MBA lagi, tapi kematian. Jadi aku paham, oh karena itu dulu Mama sama Ayah ngelarang aku pacaran. Ketika kita masih kecil atau remaja, kita tuh sok tahu gitu, kita ngerasa kita udah gede dan gak perlu diatur, tapi ternyata enggak gitu. Dan kesadaran itu gak bisa dibilangin oleh oranglain, kesadaran itu butuh proses, harus sadar sendiri.

Kesadaranku tentang begitu banyaknya kasih sayang dan pengorbanan orangtua semakin bertambah ketika aku melihat beberapa temanku yang sudah berkeluarga dan punya anak. Ada satu temanku, sekelas waktu SMP dulu, namanya Citra (panggilannya Cicit), waktu itu aku masih kuliah (aku lupa tahun berapa), nah Citra baru saja melahirkan. Pas banget Cicit ngelahirinnya pas aku libur kuliah, jadi bisa silaturahmi sekalian nengokin. Saat itu Cicit cerita deh proses melahirkan, gimana begitu khawatirnya dia sama suaminya, repot dan sakitnya tuh gimana, dan yang bikin aku tersentuh adalah Cicit bilang "Tapi Wid, pas ngelihat wajah bayinya, itu semua rasa sakit ilang aja gitu". Habis itu Cicit cerita lagi waktu tidur dia jadi gak keatur, karena bayinya malem suka bangun, daaaaan segala macam penderitaan awal seorang Ibu muda. Cicit bilang lagi, "Allah ngasih kekuatan entah darimana, kuat aja gitu bangun malem-malem, padahal sebelum-sebelumnya mah Wid, aku paling gak bisa begadang". MasyaAllah ternyata sebegitunya jadi orangtua. Ketika itu, aku jadi merefleksikan ke kedua orangtuaku juga. Anaknya baru lahir aja, udah banyak yang dikorbankan.

Kalau misalnya nginget-nginget lagi, gak keitung deh jumlahnya kasih sayang dan semua yang orangtua kasih buat anaknya. Aku inget pernah berantem sama Mama gara-gara belum keterima kuliah, inget dianterin Ayah kemana-mana, pas mau masuk SMA, pas lagi tes sana-sini buat daftar kuliah, udah ah... nanti jadi sedih. 

Tuh kan bener jadi sedih...

Setiap inget dan flashback lagi satu persatu memori masa lalu (puitis sekali luar biasa!) sama orangtua, selalu jadi sedih, sedihnya tuh campur-campur gitu, sedih bahagia, bersyukur karena jadi anak mereka, sedih terharu karena sebegitu sayangnya mereka, sedih yang sedih sesungguhnya karena seberapapun yang kita kasih bener-bener gak akan mampu membalas semua yang udah mereka kasih. Sedih se sedih sedihnya karena sampai saat inipun belum bisa memberikan sebaik-baik bakti kepada kedua orangtua. (Aku gemeteran ngetiknya 😭)

Kalau ada kata diatas kata terimakasih dan kalau ada permohonan lebih dari permohonan maaf, aku pengen bilang buat kedua orangtuaku. Aku gak sanggup melanjutkan tulisan ini, tenggorokanku sakit karena nahan nangis, jadi kita baca doa aja

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا

Allahummaghfirlii dzunuubii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa rabbayaanii shagiiraa

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas seluruh dosa – dosaku dan seluruh dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua mengasihiku ketika aku masih kecil"

 

 

   

Recommended

15th Day : "A Confession/Secret of Yours"

Good News!!!

Ngomongin Soal Rengoku Kyojuro dan Akaza dari Kimetsu no Yaiba : Mugen Train