29th : Something that Never Fails to Make You Feel Better

 Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Dulu aku inget pernah denger ceramah Ust Hanan soal ini, sebenernya solusi orang beriman untuk feel better adalah shalat. Solusi dari semua masalah cuma 1, shalat. Cuma Ust Hanan juga bilang, “tapi gak gitu juga, yang namanya manusia tetep butuh cerita, tetep butuh ‘pengen makan es krim disini nih’,”

Matcha Ice Cream - Marugame Udon
Bersama Usnida dan Febri (Oktober, 2020)

Wkwkwk… bener banget. Kalau lagi ada masalah, lagi galau, lagi semerawut, pengennya curhat, apalagi kalau lagi kesel sama orang, gateeeelll banget nih mulut pengennya cerita ke orang. Padahal sebenernya cerita ke manusia itu belum tentu dapet solusi, dan khawatirnya kalau kita pas curhat dengan tema ‘lagi kesel sama orang karena gini gini gini’, bisa nyebar dah tuh. Padahal kan belum tentu orang yang kita keselin sifatnya gitu, bisa jadi kita yang terlalu berprasangka kan sama orang itu.

Tapi aku gitu kok, hahaha… kalau lagi kesel atau iri gitu sama orang, aku biasanya cerita lagi ke temenku yang lain, hahaha… astagfirullah… belum bisa sampai level yang ‘lagi ada masalah? Shalat’. Masih noob aku tuh…

Kalau aku pribadi, cerita ke orang atau temen itu adalah tahap kesekian kalau lagi ada masalah, jadi tahap pertama adalah aku pendem dulu. Terkadang, aku berhasil mengatasi hal itu sendiri, dan gak cerita kesiapa-siapa, tapi kalau ada suatu hal yang menyulut aku untuk cerita, aku jadi meledak-ledak, ngeluarin semuanya, hahaha…

Untuk kebanyakan urusan, aku memang lebih banyak cerita ke temen-temen deket dibandingkan ke orangtua. Tapi… yang selalu berhasil membuatku merasa lebih baik pertama kali adalah orangtua, terutama Mama. Biasanya aku filter dulu sih kalau cerita ke ortu, apakah masalah ini perlu diceritakan ke ortu atau enggak? Jadi tetep aku pilih-pilih lagi. Dan hebatnya, ketika lagi sedih atau galau, meskipun gak cerita ke orangtua, ada dideket mereka udah lebih dari cukup untuk membuat aku ngerasa lebih baik. Plus adik. Selama kerja di Pharos, dan pulang pergi naik motor (sebelum pandemi), ngerasa capek banget dijalan, kayak ya Allah… gak nyampe nyampe ya Allaah… apalagi kalau macet, udah rasanya pengen nyerah hahaha.. Tapi kalau udah dirumah, ketemu adik, nyiumin pipinya (adik bungsu mah kalau udah gede juga tetep aja dianggap bayi ya hahaha), ditawarin makan sama Mama, ngobrol sama Ayah, hilang semua capeknya. Ajaib memang.

Waktu kuliah di Solo juga gitu, aku selalu milih pulang naik bus Rosalia Indah (gak endors ya guys) karena lebih convenient, Ayah jemputnya di pool Bitung yang lebih deket dari rumah, selain itu aku bisa shalat jamak qasar, karena pasti bus Rosalia punya pemberhentian sendiri pas ditengah-tengah jalan. Kalau naik kereta, aku belum menemukan ritme yang tepat untuk ngatur shalatnya, karena keitung aku bolak balik naik kereta Solo-Tangerang itu cuma 2x hahaha… Jadi gak berpengalaman.

Hubungannya apa Wid? Wkwkwk… Nah, pas naik bus itu anehnya, tiap balik dari Solo mau ke Tangerang, aku selalu gak mabok perjalanan, tapi… tiap aku berangkat dari Tangerang menuju Solo, aku selalu mabok perjalanan. Hahaha… jadi tuh pas aku balik dari Solo ke Tangerang aku PD banget, oh aku udah biasa nih berarti naik bus, bisa gak mabok. Karena aku PD aku udah gak mabokan (jadi ambigu yah), ku ralat. Karena aku PD kalau aku udah gak mabok perjalanan, pas dari Tangerang ke Solo aku gak minum Antimo, ternyata eh ternyata saudara-saudara, pusing, pengen muntah, perut rasanya diaduk-aduk. Tapi kalau dari Solo ke Tangerang, gak minum Antimopun baik-baik aja. Akhirnya aku menyimpulkan mabok perjalanan tergantung pada psikologis aku.

Saat dari Solo mau ke Tangerang, aku bahagia, karena akan ketemu sama orangtua dan adik aku. Tapi saat dari Tangerang ke Solo, sebanyak kali apapun aku udah mondar-mandir Tangerang-Solo, tetep weh psikologis aku gak baik, jadi sebaik apapun kondisi aku saat itu, tetep mabok perjalanan.

Jadi kesimpulannya adalah, bersama keluarga, Mama, Ayah, dan Adik adalah something that never fails to make me feel a lot better.

Selanjutnya, kalau lagi kacau balau, aku biasanya makan, karena kalau makan, ATP bisa terbentuk, aku punya tenaga untuk berfikir dan memproyeksi apa masalahku dan bagaimana solusinya. Perut kenyang adalah saat yang tepat untuk mikir, kalau mikir saat perut kosong, gak bisa, malah makin emosi. Terus… kalau dengan makan ternyata belum merasa baik juga, biasanya kubawa tidur. Karena aku gampang banget emosian, jadi aku memilih tidur dulu biar emosiku gak meledak-ledak dan malah jadi bikin tambah kacau masalah. Dan dalam proses menuju tidur itu, aku juga biasanya refleksi masalah saat itu.

Solusi utamanya? Shalat. Tetep dilakukan, berdoa sama Allah, tapi belum sampai level yang Shalat aja cukup gitu. Semoga, pelan-pelan… sambil belajar sedikit sedikit, bisa sampai pada level itu, Aamiin…

Recommended

15th Day : "A Confession/Secret of Yours"

Good News!!!

Ngomongin Soal Rengoku Kyojuro dan Akaza dari Kimetsu no Yaiba : Mugen Train