Pages

Sunday, 25 November 2012

Hyouka

Buat selingan, mau cerita tentang anime yang satu ini.
Seperti judul postingannya, judul anime ini yaitu "Hyouka"


Kanan ke kiri
Fukube Satoshi, Eru Chitanda, Oreki Hotarou, Ibara Mayaka

Hyouka adalah "light novel" atau novel ringan yang ditulis oleh Honobu Yonezawa. Detective, misteri, dan school life, cocok menggambarkan genre cerita ini. Japanese mystery novel ini telah diserialisasikan di Kadokawa Shoten. 4 volume novel ini telah diterbitkan sejak tahun 2002 sampai tahun 2010. Manga adaptasi yang diilustrasikan oleh Task Ohna juga akan diterbitkan. Serta 22 episode anime Hyouka sudah mulai tayang sejak 22 April hingga 16 September 2012.

Kisah "Hyouka" dimulai dari Oreki Hotarou, cowok pintar tapi malas. Ia mengklaim sifatnya sebagai "energy saving", dengan motto "I don't do what I don't want to do, if I have to, I do quickly". Atas permintaan kakak perempuannya, ditahun pertama ia bersekolah SMA, he joined Classic Club. Sebuah Club yang nyaris dihapus dari daftar Club Kamiyama High School karena tidak ada peminatnya.

Tapi, saat hari pertama ia datang ke Classic Club Room, yang juga merupakan Ruangan praktek geografi, ada orang lain disana. Eru Chitanda. Seorang "putri" dari keluarga petani yang kaya raya. Cerita ini juga melibatkan Fukube Satoshi, ia menyebut dirinya sebagai Data Base. Karena, tidak ada sesuatu pun yang berhubungan dengan Kamiyama High School yang tidak dia ketahui. Satoshi pun akhirnya mengikuti Hotarou untuk mengikuti Classic Club. Di hari pertama, mereka bertemu Ibara Mayaka. Teman satu SMP Hotarou dan Satoshi. Ia pun akhirnya ikut menjadi anggota Classic Club.

Then, the plot build up here...



Light novel volume pertama bercerita tentang sejarah Classic Literature Club. Setiap tahun, Classic Club selalu membuat antologi. Mereka akan memulai kegiatan club dari sini.

Eru Chitanda mempunyai alasan lain untuk menjadi anggota Classic Club. Pamannya, yang telah menghilang selama 7 tahun merupakan bagian dari Kamiyama High School serta anggota Classic Club. When Chitanda was a child, pamannya pernah berkata sesuatu padanya dan membuatnya menangis, tapi ia lupa hal apa yang pamannya katakan padanya sampai ia bisa menangis seperti itu. Sampai akhirnya, ia membuat "pengakuan" pada Oreki Hotarou tentang masa lalunya tersebut, dan kenapa ia ikut Classic Club.


Chitanda meminta bantuan Hotarou untuk mencari tahu apa yang pamannya katakan padanya, sebelum ia menerima bahwa pamannya dinyatakan meninggal (sudah ditetapkan bahwa orang yang menghilang lebih dari 7 tahun tanpa kabar dinyatakan meninggal). Dengan setengah hati, Hotarou menerima permintaan Chitanda. Atas saran Hotarou, Chitanda juga meminta bantuan pada Satoshi dan Mayaka.

Kisah pamannya, ternyata berhubungan dengan Kanya Festa. Sebuah festival besar yang dilaksanakan Kamiyama High School. Berempat, mereka mencoba mencari informasi dari antologi Classic Club. Buku antologi ke-2, memuat informasi tentang "tragedi" Kanya Festa yang ada hubungannya dengan paman Chitanda. Saat Chitanda mencari antologi pertama, bukunya ternyata hilang. Dari seluruh antologi yang ada, hanya antologi pertama yang memuat jawaban atas pertanyaan Chitanda yang hilang.

Simply but complicated. Hyouka ditulis dengan realita yang ada dalam kehidupan. Membuat cerita itu seakan-akan benar-benar nyata terjadi. Kasus misteri yang dipecahkan tidak bisa dibilang remeh walaupun tidak juga seberat kasus dalam cerita "Detective Conan".



Jika kalian menikmati episodenya terus menerus, ada berbagai kejutan yang akan kalian temukan.

Anime ini berakhir di episode 22. Nice ending, walaupun jauh dari ekspektasi para penonton, hehehe. Tapi cukup memuaskan mengingat ini adalah "Hyouka". n_n


Yasashisa No Riyuu - Hyouka opening 1

No comments:

Post a Comment