Pages

Friday, 9 November 2012

Welcome the 8th of November


Ulalaaaa… Udah bulan November lagi aja nih! Satu bulan lagi, bakal 2013. Kiamat jadi nggak yaaaa?? Astagfirullahaladziiim!! Udah ah, jangan ngomongin yang itu! Still waiting for tomorrow, of course. Eh…eh… berhubung besok tanggal 8, seperti biasa SMA Negeri 8 Tangerang mengadakan acara Car Free day!!

Seluruh warga SMA Negeri 8 Tangerang dilarang membawa kendaraan bermotor kesekolah, termasuk Pak Kepala Sekolah, dewan guru, dan staf tata usaha. Keren kaaaann??? hehehehe…


Mau ngebahas apa nih? Mmm… Gimana kalo awal mula ada Car Free Day?

Aku nggak begitu tahu sih soal awal mulanya ada Car Free Day di SMA Negeri 8 Tangerang. Waktu tahun pertama aku masuk kesekolah ini pun, program Car Free Day udah ada. Tapi kalo nggak salah, waktu itu aku pernah denger salah satu guru cerita. Pada zaman dahulu kala (nggak dahulu-dahulu juga sih sebenernya…) SMA Negeri 8 Tangerang pernah ikut lomba tentang lingkungan-lingkungan gitu. SMA Negeri 8 Tangerang menang di lomba itu. Dan ada seorang siswa, yang sekarang udah jadi alumni, bikin program Car Free Day ini. 1 bulan sekali, setiap tanggal 8. Itu kalo nggak salah yaaah… kurang lebih seperti itu lah sejarahnya!! Entah itu beneran aku denger, atau aku pernah mimpi denger kayak gitu. (-.-)

Kenapa Cuma sebulan sekali?

Waaahh… kalo itu, aku juga nggak tahu deh! Kalo aku pribadi sih, sebulan sekali aja udah susah. Masalahnya, aku ini kan siswa perantauan (ca elaaah…) jadi akses angkutan umum agak susah kalo dari rumah sampe ke sekolah. Jadi musti pake motor deh kesekolahnya. (Kok jadi nggak nyambung sama pertanyaannya?)

Pelaksanaannya gimana?

Pelaksanaannya ya itu. SELURUH WARGA SMA Negeri 8 Tangerang tidak diperbolehkan membawa/mengendarai kendaraan bermotor kesekolah. Jadi, warga sekolah Cuma boleh naik angkutan umum, bersepeda ria, atau jalan kaki. Ada juga beberapa siswa yang dianterin orangtuanya atau kakaknya atau adiknya atau paman atau bibinya atau tukang ojeknya sampe depan gerbang sekolah. Itu pun masih diperbolehkan… Intinya. Nggak ada satupun kendaraan bermotor yang boleh masuk kelingkungan sekolah.

Kendala yang dihadapi?

Waktu aku tahun pertama di SMA Negeri 8 Tangerang, kendala utama yang menjadi persoalan adalah kurangnya partisipasi dari siswa dalam menanggapi program Car Free Day ini. Masih banyak siswa yang membawa kendaraan bermotor kesekolah. Dan saat itu, yang bawa motor kesekolah dikasih hukuman. Apa ya waktu itu hukumannya? Suruh bawa taneman kalo nggak salah!
Tapi, di tahun kedua ini, Alhamdulillah… partisipasi seluruh warga Delta terutama para siswanya patut diacungi jempol! Setiap Car Free Day, sekolah bersih dari yang namanya motor dan mobil. Itu dia hebatnya anak-anak 8, disiplinnya terjaga! Gurunya juga nggak ada yang bawa mobil kesekolah  lho!! Asseeekkk…

Ada hal yang disembunyiin nggak dari Car Free Day?

Eeehhh… kok jadi gitu pertanyaannya. Kalo kata Pak Bandi, ini namanya pertanyaan menjebak!!
Yang disembunyiin dari Car Free Day itu… Sebenernya, masih banyak yang bawa motor (termasuk yang nge-post) ke sekolah. Lebih tepatnya, mereka tetep berangkat dari rumah naik motor, tapi motornya dititipin dirumah temennya yang deket SMA Negeri 8 Tangerang. Begituuuu…
Btw, bapak ibu guru juga begitu lho ternyata! Pada nitip dirumah guru yang rumahnya deket sama sekolah. Waaahh… Waaahhh… Waaahhhh….

Manfaat diadakan Car Free Day?

Setiap tindakan itu tidak ada yang sia-sia! Asseeekkk… Manfaat diadakan Car Free Day salah satu diantaranya yaitu mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor (setidaknya dari gerbang sekolah, sampe ke lapangan), yang kedua adalah mendidik siswa-siswi  SMA Negeri 8 Tangerang agar peduli terhadap lingkungannya. Manfaat lainnya yaitu menjadikan siswa lebih sehat (terutama yang bersepeda dan jalan kaki kesekolah). Dan masih banyak manfaat-manfaat Car Free Day yang lainnya, tunggu setelah pariwara berikut ini… wkwkwkwk

Ada apa lagi di Car Free Day?

Ada satu lagi. Tahun ini, setiap Car Free Day siswa diwajibkan mengenakan pakaian batik bebas dan bawahan rok hitam untuk perempuan, dan celana hitam untuk laki-laki. Jadi ini adalah hari dimana siswa dan siswi tidak memakai seragam sekolah.
Oh iya!! Yang ini penting!! Tidak ada keringanan hukuman bagi siswa yang datang telat saat Car Free Day.

Ada yang mau ditanyakan lagiii???

Kalo Car Free Day, jadi inget waktu naik sepeda dari rumah ke sekolah. Berangkat jam 5 pagi, dan itu nyampe kesekolah! Bareng anak-anak X3ME'11. Hebat yaaah??!!

No comments:

Post a Comment