Pages

Monday, 15 July 2013

6th Day : "How important you think education is"

Dari semua topic 30 Days Challenge for Blogger, ini yang paling serius kayaknya, hahahahaha…

Tak dipungkiri lagi yang namanya pendidikan itu jelas teramat penting. Semua orang juga setuju kalau pendidikan itu penting. Cuma kalau ngomonginnya pendidikan, itu masih terlalu luas menurut aku. Karena ada pendidikan dasar, pendidikan formal, pendidikan informal, daaaan masih banyak lagi. Jadi, untuk topic kali ini aku persempit di pendidikan formal.

Seberapa penting pendidikan formal menurut aku?


               Kalau dipikir-pikir, pendidikan formal itu penting. Kita sekolah, dari SD, SMP, minimal SMA, kalau bisa lebih ya kuliah dapet gelar sarjana. Dan disetiap jenjang kita dapet ijazah. Dan ijazah itu adalah salah satu persyaratan penting kalau kita mau ngelamar kerja. Semakin tinggi tingkatan ijazah yang kita punya, semakin besar peluang kita untuk dapet pekerjaan yang lebih layak. Walaupun sekolah tinggi nggak ngejamin kita bisa dapet pekerjaan yang tinggi juga.

Bukan berarti pendidikan lainnya nggak penting. Dari kita kecil, kita sudah didik oleh kedua orangkita. Tentang cara berinteraksi dengan orang lain, sopan santun, dan hal-hal dasar lainnya. Kegiatan kita sehari-hari pun mendidik kita. Bersosialisasi dengan orang lain, bekerjasama, menyelesaikan masalah, itu juga termasuk pendidikan. Istilah kerennya belajar dari  pengalaman. Tapi itu semua nggak cukup untuk memenuhi pendidikan seseorang. Karena pengalaman seseorang pasti berbeda dengan pengalaman orang lain. Didikan yang diajarkan orangtua anak A berbeda dengan anak Z. Maka dari itu diciptakanlah pendidikan formal untuk memenuhi pendidikan seseorang.

               Belum lagi yang udah sekolah formal, terus ditambah les atau bimbel. Membuat pendidikan formal semakin penting. Les atau bimbel kan tujuannya biar kita bisa bertahan, dan berprestasi di sekolah.

               Selain itu, banyak hadits yang menyatakan betapa pentingnya pendidikan. Kita dituntut untuk selalu menuntut ilmu. Dan lewat pendidikan formal itulah kita bisa memastikan diri kita kalau diri kita sudah terdidik.


               Agak susah ya topic yang ini. Apa emang aku yang lagi nggak bisa mikir? Mohon maaf apabila ada salah-salah kata, mungkin lain kali kalau udah senggang, aku benerin lagi postingannya n_n




No comments:

Post a Comment